Review Dan Giveaway Novel Ghost Next Door

Kaver novel Ghost Next Door

Kaver novel Ghost Next Door

 

Gimana rasanya punya tetangga baru yang keren? Tiba-tiba yang tadinya main melulu jadi kepengin pulang ke rumah terus. Maunya diem di jendela sambil mandangin kamar tetangga sebelah, berharap dia menyadari keberadaan kita. Tiap hari jadi rajin lari pagi sampai bolak-balik ke warung cuman sekadar biar bisa ngelewat rumahnya. Ya, gimana pun caranya supaya bisa kenalan XD Kamu punya pengalaman kayak gitu juga? Atau lagi ngalamin? Namanya ketemu orang baru selalu memberikan sensasi baru. Begitu juga dengan novel ini, memberi sensasi semenyenangkan punya tetangga baru yang keren.

****

Judul: Ghost Next Door

Penulis: Oke Sudrajat

Penerbit: Grasindo

Genre: Horor Komedi

Tebal: 170 Halaman

Editor: Anin Patrajuangga

ISBN: 978-602-251-925-6

Blurb:

Andrea bingung, sebagai drakula dan berasal dari Italia harus beradaptasi dengan kultur di Indonesia. Biasa makan piza dan spageti Adrea harus mencoba nasi goreng dan sate. Awalnya pengin muntah, lama-lama mintah beneran. Dia juga bertemu hantu-hantu made in Indonesia seperti Pocan yang berkarakter genit, suka lompat maju-mundur cantik ala Syahrini. Lalu ada Sani, yaitu Sudel Bolong yang suka berubah wujud jadi wanita cantik biar bisa makan gratis dari mang Diman, si tukang sate. Ada Wewe Gembel yang suka masuk angin. Dan, Suster Ngesot yang suka sebel kalau ada lomba lari.

Mereka berlima membantu Andrea sang drakula untuk ngerjain Alexa cewek yang merebut Jo dari sisi Andrea. Tujuannya, agar Alexa kapok mendekati Jo yang sangat disukai oleh Andrea.

Mampukah Alexa selamat dari niat jahat para hantu sahabat sang drakula Andrea? Hanya keluarga Pak Jamal yang dapat menolong Alexa dari perangkap par hantu. Sementara Jo lari tunggang langgang meninggalkan Alexa dari kejaran Andrea, takut digigit dan diisap darahnya sama drakula Andrea.

****

Awalnya, Jo jatuh cinta setengah mati pada cewek tetangga sebelahnya yang baru bertemu sekali, itupun hanya selewat melihat senyumnya. Namun Jo yakin dia memang mencintai gadis itu. Maka meskipun menurut Pak Jamal–pemilik rumah yang ditinggali si cewek–mengatakan enggak punya sodara perempuan yang tinggal di rumahnya, bahkan disinyalir cewek misterius itu adalah hantu, Jo tetap nekad mendekati cewek yang kemudian diketahuinya bernama Andrea. Sayangnya, saat menembak Andrea, Jo patah hati karena Andrea meminta waktu untuk berpikir dulu sebelum menerimanya menjadi pacar, karena Andrea masih trauma dengan hubungan sebelumnya. Namun Jo merasa ditolak. Siapa sangka hatinya begitu mudah berpaling, saat siangnya dia bertemu dengan Alexa yang seorang vokalis band underground, Jo lagi-lagi langsung jatuh cinta.

Lalu dimulailah perebutan Jo oleh dua wanita cantik–Andrea dan Alexa. Untuk mendapatkan Jo, Andrea meminta para sahabat cewek segengnya untuk mengerjai Andrea. Siapakah yang akhirnya mendapatkan Jo?

REVIEW

Kisah-kisah tentang vampir selalu memikat saya, membuat saya ingin membacanya. Mungkin karena novel pertama yang saya baca–dan sangat berkesan–itu tentang vampir. Jadi ketika melihat kaver novel Ghost Next Door ini, saya langsung jatuh cinta. Kavernya seperti novel-novel anak terjemahan zaman saya masih kecil dulu. Cantik dan klasik. Memanggil-manggil untuk dibaca XD Kemudian judulnya pun membuat penasaran. Mas Oke pinter ngasih judul nih.

Lalu mulailah saya membaca halaman demi halaman. Kalau kamu mengira novel ini horor yang dibumbui komedi, kamu salah besar. Bagi saya yang penakut sekalipun, novel ini enggak ada horor-horornya sama sekali. Benar-benar komedi, bagian yang mengandung horornya hanya pemilihan tokoh-tokoh hantu saja. Namun sifat mereka sudah diplesetkan sehingga enggak menakutkan, malahan lucu. Jadi buat kamu yang senasib sepenakutan seperti saya, saya jamin aman baca buku ini XD

Bahasa dalam novel ini sangat kekinian alias memakai bahasa gaul. Kadang menjadikan ceritanya renyah dan lucu, kadang malah mengganggu. Komedinya sendiri kadang soft, kadang slapstick. Beberapa bagian berhasil membuat saya tersenyum. Misalnya:

 

“Lho, Pak dia bisa ngisep darah? Keturunan nyamuk gitu dong Pak?” tanya Bu Jamal dengan polosnya bin tulalit dan kuper. –Halaman 22.

 

“Jangan lupa bawa obat nyamuk oles, Ton…” kata maminya menyela.

“Ih, buat apa, Mi?” tanya Tono tak mengerti kata-kata maminya.

“Ya buat jaga-jagalah… siapa tahu dengan diolesin obat nyamuk di leher kamu, dia gak jadi gigit leher kamu.”

“Emangnya drakula takut obat nyamuk, Mi? dia kan bukan nyamuk? –Halaman 86

 

Dari tiga tokoh utamanya, hanya Andrea saja yang saya suka. Sementara Jo dan Alexa bagi saya bukan tokoh yang lovable. Apalagi Jo. Saya bingung, apa sih kelebihan tokoh ini sehingga digilai banyak perempuan? Gantengnya? Hmmm, ganteng saja enggak cukup memikat, berhubung tokoh ganteng keren kaya di novel sangat banyak, membuat si Jo ini enggak menonjol karena karakternya terlampau biasa. Atau mungkin karena ini komedi, maka tokoh Jo memang “dikondisikan” menjadi rebutan meskipun enggak memiliki “x-faktor” yang membuatnya digilai. Tokoh favorit saya Sani si sundel bolong. Menurut saya dia memiliki karakter paling kuat dan menyenangkan.

Editing novel ini masih kurang rapi. Misalnya kata “nafas” yang bertebaran sepanjang novel. Lalu ada kata yang menyatu tanpa spasi, seperti di halaman 22. Lalu di beberapa bab ada keterangan yang berulang-ulang, baru di paragraf atas, di bawahnya sudah diulang, eh, di halaman selanjutnya diulang lagi. Hal ini membuat saya sedikit merasa bosan ketika membacanya. Namun kebosanan itu kemudian terhapus oleh kejutan-kejutan yang terus disuguhkan novel ini. Termasuk ending-nya yang ala-ala film barat. Jreng! sulit ditebak XD

Meskipun novel horkom, bukan berarti enggak memiliki pesan moral yang jelas. Di akhir kisah, saya dibuat terharu dengan pesan yang ingin disampaikan novel ini. Membuat novel komedi memang sulit, meskipun belum halus, tapi novel ini merupakan usaha yang bagus dari Mas Oke Sudrajat.

Kalimat favorit saya:

“Aku akan menjadikan kau manusia setengah Tuhan, kau akan hidup kekal selamanya mendampingi aku.” –Halaman 48

 

****

Mau dapetin novel ini gratis dan bertanda tangan? Yuk, ikutan giveaway-nya. Caranya:

1. Follow twitter penulisnya @okesudrajat

2. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar postingan: Kalau kamu bertemu dengan drakula cantik/ganteng, apa yang akan kamu lakukan supaya dia jatuh cinta padamu? Berikan alasannya. Lalu cantumkan akun twitter-mu di bawah jawaban.

Giveaway ini berlangsung dari tanggal 6 sampai 13 Mei 2015. Pengumuman satu pemenang tanggal 14 Mei di akun twitter saya @evasrirahayu

Ditunggu partisipasinya ya ^_^

 

Advertisements