Review Dan Giveaway Novel Ghost Next Door

Kaver novel Ghost Next Door

Kaver novel Ghost Next Door

 

Gimana rasanya punya tetangga baru yang keren? Tiba-tiba yang tadinya main melulu jadi kepengin pulang ke rumah terus. Maunya diem di jendela sambil mandangin kamar tetangga sebelah, berharap dia menyadari keberadaan kita. Tiap hari jadi rajin lari pagi sampai bolak-balik ke warung cuman sekadar biar bisa ngelewat rumahnya. Ya, gimana pun caranya supaya bisa kenalan ๐Ÿ˜„ Kamu punya pengalaman kayak gitu juga? Atau lagi ngalamin? Namanya ketemu orang baru selalu memberikan sensasi baru. Begitu juga dengan novel ini, memberi sensasi semenyenangkan punya tetangga baru yang keren.

****

Judul: Ghost Next Door

Penulis: Oke Sudrajat

Penerbit: Grasindo

Genre: Horor Komedi

Tebal: 170 Halaman

Editor: Anin Patrajuangga

ISBN: 978-602-251-925-6

Blurb:

Andrea bingung, sebagai drakula dan berasal dari Italia harus beradaptasi dengan kultur di Indonesia. Biasa makan piza dan spageti Adrea harus mencoba nasi goreng dan sate. Awalnya pengin muntah, lama-lama mintah beneran. Dia juga bertemu hantu-hantuย made in Indonesia seperti Pocan yang berkarakter genit, suka lompat maju-mundur cantik ala Syahrini. Lalu ada Sani, yaitu Sudel Bolong yang suka berubah wujud jadi wanita cantik biar bisa makan gratis dari mang Diman, si tukang sate. Ada Wewe Gembel yang suka masuk angin. Dan, Suster Ngesot yang suka sebel kalau ada lomba lari.

Mereka berlima membantu Andrea sang drakula untuk ngerjain Alexa cewek yang merebut Jo dari sisi Andrea. Tujuannya, agar Alexa kapok mendekati Jo yang sangat disukai oleh Andrea.

Mampukah Alexa selamat dari niat jahat para hantu sahabat sang drakula Andrea? Hanya keluarga Pak Jamal yang dapat menolong Alexa dari perangkap par hantu. Sementara Jo lari tunggang langgang meninggalkan Alexa dari kejaran Andrea, takut digigit dan diisap darahnya sama drakula Andrea.

****

Awalnya, Jo jatuh cinta setengah mati pada cewek tetangga sebelahnya yang baru bertemu sekali, itupun hanya selewat melihat senyumnya. Namun Jo yakin dia memang mencintai gadis itu. Maka meskipun menurut Pak Jamal–pemilik rumah yang ditinggali si cewek–mengatakan enggak punya sodara perempuan yang tinggal di rumahnya, bahkan disinyalir cewek misterius itu adalah hantu, Jo tetap nekad mendekati cewek yang kemudian diketahuinya bernama Andrea. Sayangnya, saat menembak Andrea, Jo patah hati karena Andrea meminta waktu untuk berpikir dulu sebelum menerimanya menjadi pacar, karena Andrea masih trauma dengan hubungan sebelumnya. Namun Jo merasa ditolak. Siapa sangka hatinya begitu mudah berpaling, saat siangnya dia bertemu dengan Alexa yang seorang vokalis band underground,ย Jo lagi-lagi langsung jatuh cinta.

Lalu dimulailah perebutan Jo oleh dua wanita cantik–Andrea dan Alexa. Untuk mendapatkan Jo, Andrea meminta para sahabat cewek segengnya untuk mengerjai Andrea. Siapakah yang akhirnya mendapatkan Jo?

REVIEW

Kisah-kisah tentang vampir selalu memikat saya, membuat saya ingin membacanya. Mungkin karena novel pertama yang saya baca–dan sangat berkesan–itu tentang vampir. Jadi ketika melihat kaver novel Ghost Next Door ini, saya langsung jatuh cinta. Kavernya seperti novel-novel anak terjemahan zaman saya masih kecil dulu. Cantik dan klasik. Memanggil-manggil untuk dibaca ๐Ÿ˜„ Kemudian judulnya pun membuat penasaran. Mas Oke pinter ngasih judul nih.

Lalu mulailah saya membaca halaman demi halaman. Kalau kamu mengira novel ini horor yang dibumbui komedi, kamu salah besar. Bagi saya yang penakut sekalipun, novel ini enggak ada horor-horornya sama sekali. Benar-benar komedi, bagian yang mengandung horornya hanya pemilihan tokoh-tokoh hantu saja. Namun sifat mereka sudah diplesetkan sehingga enggak menakutkan, malahan lucu. Jadi buat kamu yang senasib sepenakutan seperti saya, saya jamin aman baca buku ini ๐Ÿ˜„

Bahasa dalam novel ini sangat kekinian alias memakai bahasa gaul. Kadang menjadikan ceritanya renyah dan lucu, kadang malah mengganggu. Komedinya sendiri kadang soft, kadang slapstick. Beberapa bagian berhasil membuat saya tersenyum. Misalnya:

 

“Lho, Pak dia bisa ngisep darah? Keturunan nyamuk gitu dong Pak?” tanya Bu Jamal dengan polosnya bin tulalit dan kuper. –Halaman 22.

 

“Jangan lupa bawa obat nyamuk oles, Ton…” kata maminya menyela.

“Ih, buat apa, Mi?” tanya Tono tak mengerti kata-kata maminya.

“Ya buat jaga-jagalah… siapa tahu dengan diolesin obat nyamuk di leher kamu, dia gak jadi gigit leher kamu.”

“Emangnya drakula takut obat nyamuk, Mi? dia kan bukan nyamuk? –Halaman 86

 

Dari tiga tokoh utamanya, hanya Andrea saja yang saya suka. Sementara Jo dan Alexa bagi saya bukan tokoh yang lovable.ย Apalagi Jo. Saya bingung, apa sih kelebihan tokoh ini sehingga digilai banyak perempuan? Gantengnya? Hmmm, ganteng saja enggak cukup memikat, berhubung tokoh ganteng keren kaya di novel sangat banyak, membuat si Jo ini enggak menonjol karena karakternya terlampau biasa. Atau mungkin karena ini komedi, maka tokoh Jo memang “dikondisikan” menjadi rebutan meskipun enggak memiliki “x-faktor” yang membuatnya digilai. Tokoh favorit saya Sani si sundel bolong. Menurut saya dia memiliki karakter paling kuat dan menyenangkan.

Editing novel ini masih kurang rapi. Misalnya kata “nafas” yang bertebaran sepanjang novel. Lalu ada kata yang menyatu tanpa spasi, seperti di halaman 22. Lalu di beberapa bab ada keterangan yang berulang-ulang, baru di paragraf atas, di bawahnya sudah diulang, eh, di halaman selanjutnya diulang lagi. Hal ini membuat saya sedikit merasa bosan ketika membacanya. Namun kebosanan itu kemudian terhapus oleh kejutan-kejutan yang terus disuguhkan novel ini. Termasuk ending-nya yang ala-ala film barat. Jreng! sulit ditebak ๐Ÿ˜„

Meskipun novel horkom, bukan berarti enggak memiliki pesan moral yang jelas. Di akhir kisah, saya dibuat terharu dengan pesan yang ingin disampaikan novel ini. Membuat novel komedi memang sulit, meskipun belum halus, tapi novel ini merupakan usaha yang bagus dari Mas Oke Sudrajat.

Kalimat favorit saya:

“Aku akan menjadikan kau manusia setengah Tuhan, kau akan hidup kekal selamanya mendampingi aku.” –Halaman 48

 

****

Mau dapetin novel ini gratis dan bertanda tangan?ย Yuk, ikutan giveaway-nya. Caranya:

1. Follow twitter penulisnya @okesudrajat

2. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar postingan: Kalau kamu bertemu dengan drakula cantik/ganteng, apa yang akan kamu lakukan supaya dia jatuh cinta padamu? Berikan alasannya. Lalu cantumkan akun twitter-mu di bawah jawaban.

Giveaway ini berlangsung dari tanggal 6 sampai 13 Mei 2015. Pengumuman satu pemenang tanggal 14 Mei di akun twitter saya @evasrirahayu

Ditunggu partisipasinya ya ^_^

 

24 thoughts on “Review Dan Giveaway Novel Ghost Next Door

  1. Kalau saya ketemu Drakula ganteng, bakal saya kasih dia hidangan rendang jengkol. Alasannya gampang, di Itali kan jarang tuh daging berbentuk jengkol gitu. Siapa tahu dia bisa naksir dan klepek-klepek sama saya gara-gara jengkol. Kan keren tuh Cinta Vampir tersedak Jengkol. @AyuIraKurnia1

  2. Jatuh cinta sama drakula ? Ehm Ya gue bilang aja pas dia mau gigit gue ” Yaudah neng, gigit abang aja. Darah abang dara suci. Sok atuh gigit.” #AkuPadamu.
    Akhirnya sang drakunti jatuh cinta

    @bahrululuem

  3. kalo ketemu drakula ganteng terus mau narik perhatiannya ya bersikap ajadah seperti biasa, jan caper caper amat ntar malah tu drakula laki kaga demen dan jatohnya malah ilfil pan bahaya kak u.u

    kalo ga
    sengaja ketemu ya sepik aja ajak ngobrol, kalo ganteng tapi ga asik ya prcuma kak. tapi kalo sekiranya asik, diajak becanda nyambung, ga baper, nah boleh noh ajak becanda dll adal jan berlebihan. kali aja dari becandaan kita dia bisa tertarik /pengalaman ๐Ÿ˜‚
    kalo engga, kasih kesan yang mendalam pas pertama ketemu sama kita. itu juga pan narik perhatian juga hoho

    udah kak segini aja, bismillah menang
    @adissfj

  4. Menarik perhatian drakula ganteng? Kata gantengnya bikin sumringah tapi… kata drakulanya bikin senyum ngeri juga.
    Tapi biar drakula itu suka sama aku (alias jatuh cinta bukan suka untuk digigit darahnya), aku coba aja untuk sok kenal sok deket gitu meskipun nggak tau namanya. Udah gitu coba tawarin sate, siapa tau dia mau lalu ketagihan dan nantinya ngedeketin aku lagi lalu sering ngajak jalan-jalan nyari tukang sate, alias kuliner sate di berbagai tempat. Dengan catatan: Bukan aku yang bayarin satenya.
    Kenapa harus sate? Tau kan iklan salah satu tv kabel yang bintang iklannya drakula mau beli sate? Nah itu dia. Mari makan sate.
    ๐Ÿ˜€

  5. Kalo aku ketemu drakula ganteng, apalagi dia tetangga baruku, aku akan pura-pura menjadi tetangga yg super baik. Pertama aku akan kerumahnya membawakan makanan2, terus aku bilang kalo ini hasil masakanku dan itu udah biasa aku lakuin kalo ada tetangga baru hehe. Pasti kan abis itu kami kenalan, teruss aku sok-sokan mau ngajak2 dia jalan2 di sekitar lingkungan rumah kami, dan ngenalin ke tetangga2 yg lain, biar kesannya sosialis banget gitu. Terus juga aku bakalan ngajak ke tempat2 yg seru biar kami makin dekat terus *modus* hahaha ๐Ÿ˜€

    Akun twitter : @irmaa_waati

  6. Kalau kamu
    bertemu dengan drakula cantik/
    ganteng, apa yang akan kamu
    lakukan supaya dia jatuh cinta
    padamu?

    Oke, kalau ak brtmu dg drakula cantik, sebagai orang yang merasa berharga diri tingygi, salah satu cara yg mungkin gue lakuin sih sok cuek aja sekaligus skali2 tebar pesona. Di dunia ini ga cuma cwek yg brhk tebar pesona, cwo pun layak mnrut gue . Krn, dengan gue sok jual mahal dan bergaya cuek maka scr tdk lgsg akan membuat dia makin penasaran dg gue dan selalu ingi mncari tahu semua ttg diri gue. Semakin lama dia mmprhtikan gue, dan smkn lama pula kita memamerkan pesona gue, maka smkn bsr pula kmngkinan dia (drakula cantik) mulai tertarik dg pesona gue. Jadi, mnrt gausah repot2 PDKT atau apa , ckup diam, tebar pesona, dan lihat aja hasilnya nanti

    Twitter: @Bintang_Ach

  7. Jadi di sini kasusnya saya udah tahu dong ya kalau dia itu drakula?

    Oke, karena saya tahu dia drakula tapi tetep aja naksir macam Bella Swan yang kelepek-kelepek sama Edward Cullen, maka cara untuk bikin dia jatuh cinta sama saya adalah… ngumpanin dia pake darah saya sendiri. Well, anggap aja dia itu masih drakula liar kayak Jasper Hale yang nggak tahan nyium bau darah dikit langsung bereaksi daripada drakula vegetarian macam Cullen and the gank.
    Yang namanya drakula pasti punya penciuman yang tajam dan mudah mengenali ini baunya siapa. Kalau saya pancing pake darah saya, lama-lama dia bakal ketagihan dan nggak mau jauh-jauh dari saya dong. Jadi penginnya sama-sama mulu, trus witing tresno jalaran soko kulino deh. Hwahahaha~ ๐Ÿ˜›

    Twitter: @murniaya

  8. Kalau ketemu drakula ganteng, apalagi kita tetanggaan aku bakal rajin-rajin masak. Terus aku anterin deh masakanku ke rumahnya, setiap hari.

    Kan kata orang Jawa ”Tresno jalaran soko kulino”, nah siapa tahu nih gara2 tiap hari aku anterin masakan-si mas drakula jatuh cinta padaku..kan dari masakan nyambung ke hati ๐Ÿ˜€

    twitter: @fg_ajenk

  9. Kalau ketemu drakula ganteng, aku akan mandi dengan bunga-bunga segar supaya darahku ikut segar lalu drakula tertarik padaklu. Kalau drakula sudah tertarik dengan bau darahku, semua bentuk pendekatan akan lancar.

    Kalau cara ini tidak berhasil saya akan menjadi orang yang super menyebalkan untuk drakula. Bukan apa-apa, tapi kadang benci bisa jadi cinta. Apalagi drakula pasti awam dengan percintaan di bumi karena ia makhluk lain. Jadi lebih mudad memikat hatinya.

    Semoga saya bertemu drakula ganteng ๐Ÿ™‚

    @jm_nim

  10. kalo gue sih langsung menghampiri tu drakula ganteng. Lalu merayunya : mas mau isep darahku gak? manis lho kayak kamu wkwkwk

    @enythxz

  11. Question:
    Kalau kamu bertemu dengan drakula cantik/ganteng, apa yang akan kamu lakukan supaya dia jatuh cinta padamu?

    Answer:
    Kalo ketemu drakula/vampir cakep, saya mau pake parfum serajin dan sebanyak mungkin setiap kali berdekatan dengannya, supaya dia tertarik sama saya. Mem-blow rambut setiap hari, biar dia kepincut dengan rambut indahku. Dan pada akhirnya dia akan jatuh cinta sama saya. Nah, kalo dia sudah jatuh cinta sama saya, saya akan minta dia menggigit saya supaya saya bisa abadi seperti yang dilakukan Isabella Swan. Hehehe. ๐Ÿ˜€
    *dunia khayal*

    Nama: Dian Maya
    Twitter: @dianbookshelf
    Link share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/596226295635136514

  12. Kalo ketemu drakula ganteng terus bikin dia jatuh cinta sama gue caranya sih mungkin rada aneh yap : pertama gue tantang dia buat lomba lari bareng gue. Nah mula dari situ pastu tumbuh benih2 cinta dah.
    Kedua gue buatin dia jahitan/sulaman gitu pakai wajah nya dia pas ekspresinya konyol .haha

    @tasyatasa_

  13. Aku akan memberi makanan berupa bakso kuah tanpa bawang putih. Toh kita semua tau kalau drakula/vampir (katanya) takut sama bawang putih. Maka dari itu, bumbu dalam baksonya aku ganti dengan daun kucai. Siapa tau tuh drakula inceranku ikut kepincut sama bakso daging buatan aku ๐Ÿ˜€

    @isnastarr

  14. Kalau aku sih bakal bersikap biasa aja, pura pura ga tau kalau dia itu drakula. Sambil berusaha sebisa mungkin supaya barengan sama dia terus๐Ÿ˜ kalau dia udah ada tanda-tanda ngedeketin dan mau mencicipi darah ku, aku bakal bilang ‘aku tau kamu siapa. Kamu boleh menggigitku, asalkan kamu janji ga akan melakukan itu ke cewek lain, karena aku ga mau di-dua-in’. Dia pasti bakal kaget dan mikir dua kali. Karena walaupun aku udah tau dia drakula, tapi aku ga ngejauh dari dia. Malahan aku ngebiarin dia ngegigit aku, asalkan dia ga melakukan itu ke cewek lain. Akhirnya dia bakal sadar kalau aku itu tulus mencintai dia๐Ÿ˜ dan dia ga bakal tega ngegigit leher ku, malahan ngebalas perasaan cintaku #amiin (lho)๐Ÿ˜ƒ kaya Edward Cullen gitu hehe ๐Ÿ˜€

    @anandanf07

  15. Kalo gue ketemu drakula ganteng, gue akan bikin dia jatuh cinta sama diri gue apa adanya. Gue akan jadi diri gue sendiri. Biar dia merasakan aura natural gue sebagai wanita anggun #plak. Dan jangan lupa sekali-kali tebar pesona ya,, kali aja makin terpikat..wkwkwk.
    Twitter: @MayaMai_29

  16. Kalau aku bertemu dengan drakula cantik/ganteng, aku akan membuka ternak dan tempat pembegalan ayam *halah* Maksudnya tempat pemotongan ayam, kak.
    Jadi dia nggak perlu khawatir kalau haus darah, bisa langsung minum darah ayam. Aku juga gak waswas karena dia nggak akan berkeliaran mencari darah cewek lain haha.. Prospek ini sangat menguntungkan karena kepala, daging, kulit, usus, ampela nya bisa dijual ke dagang lalapan. Darahnya aja yang disimpen buat si pacar drakula. Hasil penjualannya bisa ditabung buat rencana masa depan kami ๐Ÿ˜‰

    @rinicipta

  17. cara buat narik drakula ganteng biar jatuh cinta ke kita? sebenernya sih denger kata drakula aja udah ngeri gak mau deket deket tapi berhubung ini drakulanya ganteng ya beda cerita. awalnya ajak kenalan, apa adanya aja kalo bisa buat kesan baik, mudah bergaul gitu biar dianya nyaman ngobrol sama kita. kalo nyaman kan lama lama bisa aja jatuh cinta sejenis friend zone gitu @ajenguks

  18. Sepertinya aku harus manggil dukun supaya dia jatuh cinta, karena aku suka kesimplean (padahal alasan doang) dan itu lebih instan juga manjur sekalian eksperimen apa drakula tahan santet apa engga :v terus aku nyanyiin lagunya Westlife-More Than Words pake pianika :3 sambil nyanyi tentunya, bayangkan sekeras apa perjuanganku main pianika sambil nyanyi. @Ipinkaramel

  19. Hmm..mari berandai-andai..
    Kalau aku bertemu drakula ganteng (karena aku perempuan heterosexual, hehe) dan aku ingin dia jatuh cinta ke aku, maka aku akan…

    Tampil apa adanya aku, sebagai aku, dengan karakter pribadiku, dan ciri khasku, tanpa kepalsuan sedikitpun, atau kepura-puraan belaka..
    Aku akan memperkenalkan diri, menjadi temannya yg baik dan bijaksana, menjauhi hal-hal ekstrem yg menimbulkan darah yg membangkitkan nafsunya.
    Trus ngajakin dia baca buku Twilight sampai New Moon, plus ajakin marathon nonton filmya Twilight Saga, kode-kode pakai bahasa verbal & non verbal secara tersirat tapi mengisyaratkan kalau aku tertarik padanya..
    Terus sambil berharap dia memiliki perasaan yg sama denganku..^^

    Twitter : @jessicaquamarin
    Link share : https://mobile.twitter.com/jessicaquamarin/status/598211841274224640

  20. Kalau saya bertemu dracula ganteng (karena saya cewek,jadi suka ma cowok), yang saya lakukan saat pertama kali bertemu adalah menyapany “aaaa ganteng~ culik aku donk~!!” ๐Ÿ˜„ #melting
    Alasanny: kesan pertama itu penting.buat dia terkesan dan mengingat diri saya meski dengan kelakuan ganjen ๐Ÿ˜„ #plak

    Berikutny,bersikap apa adany saja.kadang kalem juga penting buat cewek. Kadang bawakan makanan ke tempat itu dracula ganteng sekalian cuci mata. . #e

    @putriSekai

  21. Kalau kamu bertemu dengan drakula cantik/ganteng, apa yang akan kamu lakukan supaya dia jatuh cinta padamu?

    Apa yang dilakuin yah? Pertama berdoa dulu kali yah secara, niat yang baik itu harus di barengi dengan berdoa dulu, jadi sebelum membuat drakula jatuh cinta, mari kita berdoa.

    Laluโ€ฆ.
    Dari pengalaman temen sih yah, saya sering ngeliatin dia ngelirik-lirik cowo (ga tau emang gatel atau gimana #maafmaaf) nah akibatnya, si cowo bakalan penasaran sama dia dan akhirnya kenalan terus deket. Mungkin itu juga harus di praktekin ke drakula ini, pura-pura lirik, asal jangan sambil ngedip aja, nanti yang ada di ilfeel, terus mungkin kita harus sedikit so jual mahal karena biasanya itu kan yang bikin cowo itu suka, dari biasanya banyak cewe yang ngedeketin dia eh kita malah beda dari yang lain, deket, deket, deket, nah baru berubah sikap jadi peduli, supaya si drakula ini jadi โ€˜wahโ€™ gitu ke kita hehe..

    Intinyaโ€ฆ
    Kita harus jadi orang yang beda untuk menarik perhatian, ga usah berbeda 180 derajat dari kepribadian kita, tapi, yahโ€ฆ nyerong-nyerong dikit lah, ga usah terlalu banyak heheโ€ฆ Eh satu lagi yang wajib, BERDOA ๏Š

    @thia1498

  22. Aku nggak akan melakukan hal-hal yang aneh-aneh. Aku hanya akan menjadi diriku sendiri dan bersikap biasa padanya. Aku akan memperlakukan dia sama seperti manusia biasa dan diberi perhatian seperti manusia. bagaimanapun dengan menganggap keberadaannya itu ada dan membuat dia nyaman dan merasa dihargai akan membuat dia merasa bahwa manusia layak untuk dicintai.
    @nurul_rizqa

  23. “Meskipun novel horkom, bukan berarti enggak memiliki pesan moral yang jelas. Di akhir kisah, saya dibuat terharu dengan pesan yang ingin disampaikan novel ini. ” Jadi pesan moral dari novel ini apa ya?

Leave a Reply

