Tips Membuat Skenario Komik

10256953_10152168626702872_7153836028652604349_n

Buku TwiRies yang di dalamnya ada komiknya.

Dari kecil saya hobi banget baca komik. Mulai dari komik strip di koran Kompas, dan kebanyakan komik-komik Jepang seperti Doraemon, Candy-candy, dan tentunya serial cantik, hohoho. Bisa dibilang saya merasa bertumbuh dengan pelajaran-pelajaran kehidupan dari komik-komik itu. Yang bilang enggak dapet apa-apa dari komik pasti kurang piknik *eh. Makin besar, komik yang saya baca pun makin berat. Kayak komik-komik karya Naoki Urasawa. Makanya salah satu cita-cita saya kepengin jadi komikus. Alhamdulillah belum kesampean XD Berhubung saya enggak bisa gambar, uhm… kalau niru aja sih bisa *plaak. Tapi ternyata akhirnya kesampean juga kolaborasi sama ilustrator buat bikin komik. Saya bikin skenario alias naskah komiknya, ilustrator bikin gambarnya ๐Ÿ˜€

Kesempatan itu datang pertama kali pada tahun 2013. Waktu itu saya menjadi salah satu tim penulis untuk komik pembelajaran pelajaran Bahasa Indonesia. Bikin komik pembelajaran beda sama komik bebas. Tapi di postingan ini kita bahas pembuatan skenario komik bebas dulu ya. Nanti saya bikin postingan terpisah untuk bahas komik pembelajaran. Skenario komik bebas (selanjutnya disebut komik) yang pertama saya buat itu tahun 2013 juga, waktu itu saya punya ide untuk membuat book trailer novel saya yang berjudul Love Puzzle berbentuk komik. Karena bentuknya book trailer, jadinya motion comic. Buat yang belum lihat, bisa ditonton di sini ya:

Sebenarnya apa sih komik itu? Kalau kata Wikipedia sih komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dalam strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk dalam buku tersendiri.

Naskah komik ini agak mirip dengan skenario film atau sinetron, karena bisa memakai istilah-istilah skenario film seperti close up, voice over, dan lainnya. Kotak gambarnya disebut panel, jadi satu gambar itu satu panel. Contohnya ini:

Salah satu adegan dalam komik Love Puzzle. Di sini ada dua kotak yang artinya dua panel. (Ilustrator Sukma Ramadhan).

Salah satu adegan dalam komik Love Puzzle. Di sini ada dua kotak yang artinya dua panel. (Ilustrator Sukma Ramadhan).

Dalam satu lembar komik, bisa terdiri dari satu sampai maksimal 8 panel. Bingkai satu gambar enggak harus melulu berbentuk kotak, kita bisa mengkreasikannya. Misalnya seperti komik Love Puzzle di atas, bentuknya seperti potongan puzzle.

Gimana step-step pembuatan skenario komik?

1. Seperti membuat cerita lainnya, pertama kali yang kita buat adalah sinopsis. Sinopsis menggambarkan keseluruhan cerita dari awal sampai akhir.

2. Tuliskan seperti apa karakter tokohmu. Baik itu fisik dan sifat. Terutama fisiknya, agar ilustrator dapat menggambarkan dengan tepat tokohmu. Misalnya:

Jack Brown : Blasteran Indonesia โ€“ Amerika. Pemalas, hobi bolos sekolah, suka mengoleksi berbagai aksesoris Jack Oโ€™latern. Cara bicaranya malas-malasan. Berambut keriting, tinggi, putih, atletis, hidungnya mancung, bermata coklat maple.

3. Setelah memiliki sinopsis dan gambaran tokoh, barulah kita bagi-bagi adegannya ke dalam panel-panel. Bentuk penulisannya biasanya:

Nomor panel. Gambar: keterangan gambar atau adegan.

Di bawahnya.

Narasi:

Dialog:

Sound:

Pemakaian narasi, dialog, dan soundย dipakai sesuai kebutuhan. Kalau memang di panel itu enggak ada narasinya ya enggak usah pakai narasi. Oh iya, sound itu adalah suara atau bunyi-bunyian. Misalnya suara cuitan burung, atau bunyi pintu dibuka.

4. Tuliskan secara mendetail keadaan yang ingin tergambar. Kenapa sebaiknya mendetail? Agar memudahkan ilustrator untuk menggambar komiknya, sehingga apa yang ada dalam imajinasimu bisa ditangkap oleh ilustrator.

Contohnya:

1. Gambar: Establish sebuah kota kecil pagi hari. Terlihat bunga-bunga bermekaran karena sedang musim semi. Di gambar tampak satu rumah tidak begitu besar yang menonjol dari rumah-rumah lainnya yang digambarkan lebih kecil-kecil. Rumah itu berpagar.

Narasi: Suatu hari di Bandung tahun 2009.

2. Gambar: Tampak depan rumah tadi dengan pekarangan yang asri dan bersih. Di luar pagar rumah terdapat sebuah plang bertuliskan โ€œDrg. Indah Mawarniโ€.

3. Gambar: Di ruang tunggu praktek Drg. Indah tampak dua pasien bocah lelaki yang mengantre ditemani ibu-ibunya. Pipi kedua bocah itu mengembung sebelah karena giginya sakit. Anak 1 terlihat ketakutan karena mau diperiksa. Ibu 1 mengusap-usap kepala anaknya. Mereka duduk di sofa panjang yang di depannya terdapat meja. Di atas meja tersebut ada beberapa majalah.

Dialog:

Ibu 1: Jangan takut…. Enggak akan sakit kok.

Narasi: Di ruang tunggu praktek dokter gigi Indah Mawarni.

5. Usahakan dialog enggak panjang-panjang, apalagi kalau sampai dibuat semua tokohnya ngomong semua. Bisa-bisa satu panel malah isinya teks semua XD Kamu bisa menyiasatinya dengan membagi-bagi dialog dalam beberapa panel.

Selanjutnya, skenario yang sudah jadi akan digambar oleh ilustrator dalam bentuk sketsa dulu seperti ini:

Sketsa satu halaman dalam komik Love Puzzle (ilustrator Sukma Ramadhan).

Sketsa satu halaman dalam komik Love Puzzle (ilustrator Sukma Ramadhan).

Kamu bisa memberi revisi pada ilustrator di tahap itu jika ada gambar yang enggak sesuai.

Itu dia cara membuat skenario komik. Enggak susah, kan? ย ^_^ Kamu bisa langsung mempraktikkannya. Selamat membuat komikmu ya XD

 

Salah satu komik dalam buku TwiRies: The Freaky Twins Diaries (ilustrator Zamal Martian).

Salah satu komik dalam buku TwiRies: The Freaky Twins Diaries (ilustrator Zamal Martian).

*Dilarang mengopas materi dan mengambil gambar-gambar dalam postingan ini tanpa seizin saya, apalagi tanpa menyebutkan sumbernya*

Advertisements

44 thoughts on “Tips Membuat Skenario Komik

      • Ce…aku juga pembuat skenario..ilustrator aku juga ada..kami melahirkan komik untuk di konsumsi sndiri..jika berkenan..cce bisa hubungi line aku @riovr14
        Semoga bsa berkolaborasi..ilustrator aku anak SMK tpi skill gambarnya layaknya manga jepang..dan sangat detail..semoga ada ksmpatan berkolaborasi

  1. Waaa kereen..
    Dari kecil suka baca komik, tp gak bisa gambar. Mungkin gak ya kalau bikin skenarionya aja lalu dikirim ke penerbit /jasa ilustrator? ๐Ÿ™‚ thanks infonya mbak.

  2. saya bisa sih gambar komik manga anime yang kurang bikin skenarionya aja yg rumit hehe๐Ÿ˜ padahal skenario itu perlu banget dalam sebuah komik๐Ÿ˜

  3. bro izin membagikan infonya yak ๐Ÿ™‚

    soalnya menurut saya ini info berguna untuk komikus pemula yang tidak tahu materi yang di bahas ini ๐Ÿ™‚
    yang pasti juga saya akan memberikan sumber ini pada postingan saya ๐Ÿ™‚

  4. Aku jg ga bisa bikin skenario.Apalagi yang rumit. Mikirin ceritanya aja udah pusing. Aku Cuma bisa gambar doank. Hehe. Kok kakak bisa sih??

  5. Anu mau tanya di komik biasanya ada bagian dimana tokoh utama menceritakan cerita kepada pembaca .. nah itu namanya apa yah hehehe yang conto nya kaya gini “sejak saat kejadian itu rianti menjadi pendiam dan menutup diri. Ia tak mempunyai teman selain aku.” Hehe xD maaf pemula .. sering main roleplay sih tapi susah juga buat script :p

      • saya dulu pertama kali ngeblog sempat ingin membuat nice blog tentang komik gitu.. kayak nya seru deh.. tapi sayangnya sekill gak nyampe buat bikin tokoh komiknya hehe.
        saya liat-liat di blognya si juki. dih pengen banget deh bikin-bikin karakter dengan alur cerita lucu dan konyol kayak gitu hehe… curhat sih saya mah

  6. Wah berguna banget, aku lagi coba bikin komik tapi ilustrator maupun ceritanya aku buat sendiri. Tapi aku masih kebingungan gimana cara ngebuat naskah yang bagus untuk komik dan ketemu artikel ini, makasih banyak ya kak.

  7. hoooo gitu yaa , makasih nih infonya mbak hehe, saya jadi bisa bikin komik tanpa bantuan penulis buat bikin skenario ckckck

  8. Mb mw tanya ane ni suka menghayal.suka buat crta sendiri kalo lg melamun..(otaku) ..nah biar hayalan ane bisa dijadiin crita itu tahap pertama yg harus dilakukan itu apa yah?

  9. Pingback: 12 Cara Mempromosikan Buku [Bagian Pertama] | Taman Bermain Drop Dead Fred

  10. Di negeri ini seni manga, ga didukung Pemerintah, disepelekan, .. Kita ga pernah akan bs sekelas dgn komik2 Import.. Hobi boleh aja tp berharap sukses masih angan

  11. cari cara buat skript komik malah nemu blog ini, salam kenal ya mba.. saya juga udah suka komik sejak kecil dan emang hobi gambar tapi mba kadang saya bingung antara gambar sama cerita gaada nyambungnya mohon pencerahannya mba apa dalam membuat skript ini kudu detail ya biar nanti kalo di gambar masuk sama maksudnya cerita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s