Mengenal Tugas Staf di Area Penerbangan

Mengenal Tugas Staf di Area Penerbangan (sumber gambar freepik.com)

Jika kita bepergian dengan menggunakan jasa penerbangan, pasti kita tidak akan asing melihat beberapa petugas yang berpakaian rapi, yang tampak terlihat sibuk di bandara, yang melayani kita mulai dari pembelian tiket, sampai penanganan bagasi kita. Para petugas itu adalah staf penerbangan. Dan berikut ini akan dijabarkan mengenai staf di area penerbangan untuk mengenal tugas staf di area penerbangan.

Pilot

Pilot adalah sebutan profesi untuk orang yang mengemudikan pesawat udara.  Seorang pilot harus menjalani serangkaian ujian resmi atau tes yang diadakan oleh sekolah penerbangan. Jika telah dinyatakan lulus dalam tes, seorang pilot akan mendapat sertifikasi terbang. Sertifikat terbang itu adalah sebuah surat pengakuan kemampuan seorang pilot, yang sudah dianggap mampu untuk menerbangkan sebuah pesawat dengan tipe atau ukuran tertentu. Pilot biasanya disebut dengan Captain. Tugas seorang pilot adalah mengemudikan pesawat.

Co Pilot

Co Pilot adalah seseorang yang ditunjuk untuk membantu pilot dalam menerbangkan pesawat udara. Untuk menjadi co pilot syaratnya hampir sama seperti halnya menjadi pilot yaitu harus mengikuti latihan di sekolah penerbangan. Co Pilot disebut juga sebagai First Officer (FO). Ketika seorang pilot tidak dapat menerbangkan pesawat sementara pesawat masih berada dalam suatu penerbangan yang sedang berlangsung, maka saat itu pula co pilot menggantikan tugas pilot untuk melanjutkan penerbangan.

Tugas-tugas co-pilot ialah menemani captain dan menggantikan tugas captain di dalam pesawat. Pada waktu captain sedang menerbangkan pesawat, co-pilot hanya bertugas memantau jalannya mesin dan membantu pekerjaan captain untuk melakukan navigasi. Menjadi co-pilot tidak harus memiliki pangkat di bawah pangkat captain. Dengan kata lain, pangkat co-pilot dan pilot boleh saja sama-sama berpangkat empat, sebab co-pilot bukan seorang pembantu, hanya saja tetap disebut sebagai wakil captain.

Pramugari

Pramugari adalah staf penerbangan yang akan kita bahas berikutnya. Dalam posisi ini ada dua buah nama yang membedakan jenis kelamin. Untuk petugas pria biasanya disebut dengan pramugara, sedangkan untuk petugas wanita disebut dengan pramugari.

Tugas utama seorang Pramugara maupun pramugari adalah melayani apa pun yang berkaitan tentang kebutuhan penumpang, serta membantu menjaga keselamatan penumpang selama berada dalam perjalanan.

(sumber gambar freepik.com)

Selanjutnya kita akan membahas tugas dan tujuan masing-masing posisi staf penerbangan, antara lain:

Petugas Counter Check-in

Check-in adalah proses pelaporan diri yang berkaitan dengan keberangkatan saat menjadi penumpang, sebelum melakukan suatu perjalanan. Tempat untuk melakukan proses pelaporan tersebut disebut dengan check-in counter. Sesuai dengan prosedur penanganan penumpang di Bandar udara, salah satu proses yang dipandang penting untuk dilakukan oleh penumpang saat menjelang penerbangan adalah pelayanan check-in counter.

Tugas seorang petugas check-in counter yaitu melakukan pemeriksaan tiket sebelum penerbangan dilakukan dan mencocokannya dengan identitas penumpang tersebut apakah sudah sesuai atau belum. Hal ini dilakukan untuk penumpang domestik sesuai dengan KTP/SIM, sedangkan untuk penumpang turis mancanegara wajib menunjukan paspor dan dokumen-dokumen lainnya pada petugas check-in counter.

Petugas Baggage Handling

Tugas seorang petugas baggage handling, yaitu  menangani bagasi. Bagasi yang dibawa oleh penumpang akan ditimbang sebelum melakukan penerbangan. Apabila terjadi kelebihan beban, maka penumpang akan diberikan biaya tambahan.

Demikianlah tadi beberapa posisi yang ada pada penerbangan. Menjadi staf penerbangan adalah suatu impian bagi banyak orang. Dengan adanya ulasan ini semoga bisa menambah informasi untuk mengenal tugas staf di area penerbangan yang semuanya saling bersinergi untuk menjadi perjalanan udara yang selamat, aman, dan nyaman.

Advertisements

9 thoughts on “Mengenal Tugas Staf di Area Penerbangan

  1. Setiap naik pesawat, aku selalu kagum sama sosok pramugrari, tiap maskapai punya ciri khas tersendiri. Suka seneng merhatiin wajah2nya yg cantik dan bodynya yg sekseh. Aku aja wanita terpesona apalagi laki2.
    Pernah sama si bos bercandain paramugarinya, bolak balik beli makanan/kopi padahal mah sukaa cantiknya dan sleting bagian dada kebuka hahaha

  2. Alhamdulillah sudah pernah ketemu dengan semua profesi itu di bandara. Satu hal yang patut diacungi jempol adalah profesional mereka saat bekerja. Untuk itulah para penumpang harus mau bekerjasama dan jangan menyusahkan ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s