Tips Kreatif Generasi 4G

PicsArt_03-10-12.06.56

Ada enggak yang suka nyalahin kurangnya fasilitas atau keterbatasan dalam berkreativitas? Saya dulu iya. Kadang suka ngeluh begini “Seandainya ada ini”, “Coba kalau punya itu”, dan lain-lain lagi. Tanpa sadar menyalahkan keterbatasan sehingga kreativitas jadi tumpul. Padahal keterbatasan justru bisa jadi pemicu munculnya ide-ide brilian.

Kreativitas berarti keterbatasan -Austin Kleon-

Kalau terbatas aja bisa kreatif, apalagi kalau ada fasilitas, kan? ๐Ÿ˜€

Belum lagi, setelah menghasilkan karya, saya juga bingung, mau gimana mempublikasikannya? Ternyata bukan hanya saya mengalami itu. Banyak teman-teman yang belum tahu dan malu “mempromosikan diri”.

Agar ditemukan, kamu harus mudah ditemukan -Austin Kleon-

Begini loh, ketika karyamu hanya disimpan rapat dalam komputer, atau diletakkan di kardus, siapa yang tahu kalau kamu sudah menghasilkan karya? Padahal jangan-jangan, di luar sana banyak orang membutuhkan hasil karyamu.

BDG4(1)

Tiga Tahapan Generasi Kreatifย  4G

Buat jadi generasi kreatif, ada tiga tahapan, yaitu proses, berkarya, dan mempublikasikan karya. Tapi di sini saya hanya memaparkan tips untuk dua tahapan saja: proses berkarya dan mempublikasikan karya.

Lalu kenapa generasi 4G? Karena kedua tahapan itu bisa didukung oleh teknologi 4G. Salah satunya tentu saja teknologi canggihnya 4G LTE Advanced-nya Smartfren. Buat lebih jelas apa itu teknologi 4G LTE Advanced bisa dibaca di sini. Sekarang teknologi itupun makin disempurnakan dengan teknologi 4G VoLTE. Diharapkan, dengan memakai teknologi terdepan, kreativitas kita pun makin cemerlang.

Sebelum masuk ke tipsnya, saya jelasin dulu sedikit tentang teknologi 4G VoLTE.

Apa sih teknologi 4G VoLTE itu?

Teknologi VoLTE atau Voice over LTE adalah layanan berbasis data yang mengandalkan teknologi LTE dari jaringan 4G LTE. VoLTE memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon maupun video call dengan kualitas suara yang lebih baik, stabil, dan jernih namun tetap hemat baterai. VoLTE menyajikan kualitas suara yang sangat jernih dan juga memungkinkan pengguna untuk dapat menikmati video call hanya dengan mengaktifkan opsi video pada layar.

Pak Munir dari Smartfren sedang menjelaskan tentang teknologi VoLTE

Pak Munir dari Smartfren sedang menjelaskan tentang teknologi VoLTE

Apakah menggunaan VoLTE ini memakan data? Jadi begini VoLTE ini enggak makan data karena menggunakan voice tarif. Gimana tuh? Misalnya, Waktu kamu isi Smartplan paket 100rb, kan dapat SMS tuh yang isinya: 4GB data, 1500 mnt on free, 20 mnt off net free, dan 200 sms free. Nah, VoLTE dibebankan pada 1500 mnt on free ini.

Dengan menggunakan teknologi ini, saat kita sedang menerima telepon, kita bisa sambil chat atau main game. Siapa tahu, kan, kita harus menerima telepon penting saat sedang nanggung main game ๐Ÿ˜€

Tips Kreatif Generasi 4G:

Ada banyak cara menjadi orang kreatif. Yang mau saya bahas ini menjadi kreatif dengan memanfaatkan teknologi 4G VoLTE dari Smartfren.

1. Proses Berkarya

Untuk menghasilkan karya, kita biasanya butuh mencari inspirasi. Inspirasi bertebaran di mana-mana, termasuk di youtube. Ketika kita butuh inspirasi tentang tema tertentu, kita bisa mencari tontonan sesuai tema itu. Dengan menulis keyword-nya, muncullah pilihan berbagai video yang di dalamnya berseliweran berbagai inspirasi. Kita tinggal memilah mana yang sesuai dan mana yang kita butuhkan. Proses pencarian inspirasimu enggak akan terganggu karena teknologi terbaru Smartfren ini menjadikan streaming youtube jadi lancar tanpa buffering.

Dalam proses melahirkan karya, kita seringkali harus melakukan riset. Bisa dengan berselancar untuk mendapat bahan artikel, bisa juga dengan membuka youtube (lagi). Pengalaman saya ketika menulis novel dengan setting luar negeri, saya meriset tempat melalui youtube. Waktu itu saya butuh gambaran tentang bagaimana festival Halloween di Manhattan, saya enggak mesti jauh-jauh meriset ke sana.

Selama proses berkarya, saya mesti banyak belajar. Karena tiap membuat satu karya, saya seperti kembali ke titik nol. Menonton video di youtube bisa jadi pilihan lagi. Misalnya menonton video-video tutorial.

Tiga proses berkarya yaitu mencari inspirasi, meriset, dan belajar, sangat terbantu dengan teknologi 4G VoLTE.

2. Mempublikasikan Karya

Bagi seorang seniman, masalah terbesar yang harus diatasi adalah bagaimana caranya menarik perhatian. -Honorede Balzac-

Setelah memiliki karya, yang harus kita lakukan adalah mempublikasikannya atau mempromosikannya. Tahapan ini sedap-sedap ngeri. Soalnya membutuhkan energi yang besar.

Menurut Austin Kleon dalam buku Show Your Work! cara yang mudah agar karya kita ditemukan adalah dengan berbagi. Kita harus memanfaatkan jaringan. Salah satunya adalah dengan cara mengikuti komunitas. Misalnya bergabung dengan Smartfren community, atau berkumpul dan berbagi ide di website www.generasi4g.com tempat para generasi muda kreatif memberikan inspirasi untuk membangun Indonesia. Dengan mengikuti komunitas, karyamu akan lebih cepat dikenal orang. Kamu juga bisa mengenal banyak orang dan memungkinkan terbukanya proyek kolaborasi.

Smartfren community

Smartfren community

Membagi karya di blog. Kita bisa membagikannya berupa tulisan atau vlog. Pengalaman saya, setelah cerpen saya dimuat di majalah, saya posting lagi di blog, sehingga lebih banyak orang lagi yang membacanya. Tentu saja teknologi 4G VoLTE ini sangat support untuk kegiatan ngeblog. Membuat postingan bisa langsung dari smartphone ataupun dari laptop, karena gawai yang menggunakan sinyal Smartfren meskipun di-tethering ke beberapa perangkat internetnya tetep kenceng.

Buat video. Kita bisa membuat video tutorial, atau membagikan proses kreatif dalam bentuk video. Setelah jadi, upload di youtube supaya bisa ditonton orang. Selain kita berbagi ilmu, orang lain pun akan mengenali karya kita. Tidak perlu memakai kamera besar untuk membuat videonya, kita bisa memanfaatkan smartphone. Gawai keluaran Smartfren seperti Andromax R2 sangat mumpuni untuk membuat video dengan kualitas gambar yang bagus karena kamera utamanya beresolusi 13 MP dengan Dual LED Flash, suaranya pun jernih. Sehingga video yang kita buat layak ditonton.

Rekomedasi Gawai untuk Kreativitasmu

Banyak keterbatasan yang kita miliki. Karena itu kita mesti pintar-pintar menyiasatinya. Salah satunya dengan memilih gawai yang tepat. Satu gawai yang memiliki teknologi dan fitur yang kita butuhkan untuk menyokong kreativitas. Saya merekomenasikan Andromax R2 dan E2 yang memiliki teknologi 4G VoLTE Smartfren. Kedua ponsel pintar itu dibandrol dengan harga terjangkau.

Andromax R2

Andromax R2

Berikut spesifikasi Andromax R2:

1. Stylist Design With Premium Metal Frame

2. Dual Camera With Triple Flash

3. New Technology Voice Over LTE (VoLTE)* With True HD Voice & Video Call

4. 4G Phone Dual On

5. 1,4GHz Octa Core 64, Snapdragon 415

6. Dolby Digital Plus

Harga ponsel pintar ini Rp.1.699.000

 

Spesifiksasi Andromax E2

Andromax E2

Andromax E2

1. New Technology Voice Over LTE (VoLTE)

2. Ergonomic Design

3. Dual Camera

4. 1.3 GHz Quad Core Cortex A7

5. DTS SOUND

6. 4G Phone Dual ON

7. Smart Screen Feature

8. Available in 3 Colors: Black, Grey, White

Harga Andromax E2 Rp.899.000

Teknologi diciptakan dari kreativitas, dan teknologi tercipta untuk terus memekarkan kreativitas. Semoga tipsnya bermanfaat ^_^

Advertisements

5 thoughts on “Tips Kreatif Generasi 4G

  1. vi kalau spesifikasi cewek yang megang hapenya detailnya gimana? misalnya no kontak whatsapp dan bbm *eh

    jujur berkat 4g lte smartphone semua urusan saya jadi lebih mudah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s