Super Cat – Untuk Rasi Kautsar

IMG_20151130_132154edit

Rasi super cat, begitu kamu menyebut dirimu sendiri, si pahlawan kucing super.

Masih ingat ketika tahun lalu Mama membacakan tiga surat untukmu? Waktu itu usiamu masih lima tahun. Mungkin kamu belum mengerti isi surat-surat Mama. Tapi kamu mendengarkan dengan khidmat. Anehnya, di akhir-akhir surat ketiga, kamu menangis tanpa isakan. Saat Mama selesai membacakan, kamu berkomentar, “Ma, nanti lagi jangan nulis surat yang sedih ya.” Mama lalu bertanya, “Memangnya Rasi ngerti?” Kamu menggeleng sambil menjawab polos, “Enggak, Ma, tapi sedih aja dengernya.”

Tahun ini Mama belum tahu akan menulis surat seperti apa. Apa bisa membuatmu tergelak, membuatmu menangis, atau justru kamu hanya menampakkan ekspresi datar saat membacanya. Iya, Sayang, kali ini Mama mau kamu membacanya sendiri. Karena tahun ini kamu sudah hampir lancar membaca, meski masih terbata-bata di beberapa kata sulit. Baiklah, kita mulai dari kepulangan kita ke Bandung.

Super Cat, ingat ketika pertengahan tahun lalu kita kembali ke rumah kembar selepas petualangan di negeri hujan? Kamu bilang senang karena bisa berkumpul lagi dengan kucing-kucing yang sudah kita anggap keluarga. Tahun itu juga, kamu masuk ke SD. Usiamu belum genap enam tahun, karena itu Mama memberimu pilihan, mengulang TK atau masuk ke SD. Dengan semangat kamu memilih SD saja. Sebenarnya Mama agak khawatir, takut secara psikologis kamu belum siap. Sedang urusan pelajaran, seperti kata guru TK-mu, Mama percaya kamu bisa mengikuti. Namun tetap saja Mama selalu gemas tiap mengajarimu membaca dan berhitung, sampai-sampai kamu memanggil Mama galak πŸ˜€ Kamu bahkan sempat tidak mau belajar lagi dengan Mama. Maaf Mama sempat membuatmu kapok. Bukan apa-apa, Super Cat sayang, seperti yang Mama bilang berkali-kali, dengan membaca kamu bisa apa saja, bisa menggenggam dunia. Sampai akhirnya kita menemukan cara belajar membaca yang “sedikit” menyenangkan πŸ˜„

Super Cat, semenjak kita kembali ke Bandung, kita tidak pernah lagi membuat scarpbook favoritmu, kita menggantinya dengan menggambar dan mewarnai. Sampai-sampai kamu sangat ingin karyamu masuk ke koran. Tiap minggu kita mengirimkan karyamu. Pada hari Minggu, kamu akan bersemangat membuka koran, berharap gambarmu terpampang di sana. Tapi kamu harus menelan kekecewaan berkali-kali, sampai kamu mogok menggambar dan mewarnai. Mama tak akan lelah memberimu semangat, karena, Nak, itu hanya sedikit kegagalan yang ditawarkan hidup. Di depan, masih banyak rintangan yang harus kamu hadapi. Lalu… kamu masih ingat, kan, ketika akhirnya gambarmu dimuat di koran? Kamu bahagia sekali sampai koran itu kamu perlihatkan pada semua orang. Begitulah, Nak, kebahagiaan dari meraih keberhasilan baru bisa kamu kecap setelah melampaui perjuangan dan proses.

12308349_10153385753987872_6354658459279671797_n

Ingat juga bagaimana rasanya menerima hadiah pertamamu? Waktu kita ke kantor koran untuk mengambil honormu. Sampai saat ini uangnya kamu tabung untuk membeli perlengkapan sekolah saat naik kelas nanti. Super Cat, yang membuat Mama bangga bukan prestasimu, tapi detik-detik dimana kamu tidak menyerah pada kegagalan. Semangatmulah yang kemudian memanggil semesta untuk mendukung. Seperti ketika kamu kehabisan krayon, tiba-tiba salah satu sahabat Mama memberimu hadiah sekotak krayon.

IMG_20151202_100737

Super Cat, maafkan Mama akhir-akhir ini sering meninggalkanmu ke luar kota. Hingga seringkali kamu bersedih karena ketidakhadiran Mama. Pada awalnya Mama selalu membohongimu, diam-diam pergi pada dini hari, sebelum kelopak matamu terbuka menatap dunia. Namun sekarang kamu sedikit demi sedikit paham, hingga tidak lagi menangis sesenggukan lalu mengeluhkan kenapa kamu tidak terlahir kembar seperti Mama, agar kamu tak ditinggal sendirian. Nak, di balik jiwa kanak-kanakmu tersimpan ketabahan yang luar biasa. Nak, betapa hati Mama pun selalu terbelah, sebagian tergenang dalam rasa bersalah. Super Cat, kamu memang cenayang, selalu bisa membaca perasaan Mama, sehingga kamu pun sudah mengikhlaskan Mama tiap kali mesti terbang untuk menggapai impian. Senyummu seolah menabahkan Mama, bahwa Mama tak mesti lagi merasa bersalah. Bahwa kamu akan selalu baik-baik saja. Bahwa hati kita yang selalu saling terpaut, menjadikan jarak kita selalu hanya sedekat nadi. Mama tahu, kamu selalu senang tiap kali bisa ikut ke mana pun Mama pergi, kadang malah kamu yang lebih bersemangat mengikuti acara-acara Mama. Sayang, jangan khawatir, kamu selalu ada dalam impian Mama. Kita telah sepakat saling membagi impian kan. Mama selalu percaya, suatu hari kita bisa mewujudkan impian kita keliling dunia, dengan raga maupun jiwa lewat kata-kata. Kamu ingin bertemu Doraemon di Jepang, kan?

10274150_10153529590407872_1225739936102975935_n

Gadis kecil, Mama selalu dibuat terkaget-kaget oleh tingkahmu. Tiap kali Mama pulang bepergian, kamu selalu menyambut Mama dengan setumpuk surat berisi kalimat-kalimat pendek mengahangatkan. Di lain kali, Mama temukan rekaman video yang kamu ambil sendiri yang memperlihatkan gayamu menjelaskan sesuatu ala-ala presenter TV. Lalu komik-komik pendek berisi petualangan kita di negeri entah. Namun selalu ada nyeri tiap kali Mama berpikir hasil karyamu dibuat dalam kesendirian, mungkin untuk membunuh sepi. Kamu hebat, Nak, energi itu kamu salurkan pada hal positif.

12654687_10153510986052872_6732393357779467727_n

Super Cat, dari sekian banyak pelajaran kehidupan, darimu aku mendapat banyak sekali makna. Darimu aku menggali arti menjadi seorang ‘ibu’. Karena Mama tak lantas menjadi seorang ‘ibu’ ketika melahirkanmu. Namun Mama belajar dari tiap detik tumbuh kembangmu. Percayalah, Nak, aku ingin menjadi ‘ibu’ terbaik bagimu. Yang dalam ingatanmu akan terkenang harum tubuhku, usapan lembut di kepalamu, dan berbagai keseruan imaji kita. Mama ingin menjadi Super Mama untuk si kucing super mama, Rasi.

Rasi Kautsar, aku menyayangimu, selembut kamu menyentuh kedalaman hatiku.

 

***Surat-surat untu Rasi Kautsar di tahun-tahun sebelumnya: Rasi Kautsar – Kucing Kecilku, Tiga Minggu – Surat Untuk Rasi Kautsar, Petualangan Manusia 110 CM di Negeri Hujan ***

Advertisements

6 thoughts on “Super Cat – Untuk Rasi Kautsar

  1. Tersentuh.. :’)
    Aku jadi ikut merasa bangkit ketika baca ini, “Semangatmulah yang kemudian memanggil semesta untuk mendukung.”
    Rasi bisa.. berarti aku bisa ketika nyaris putus asa. πŸ™‚ Rasi.. kamu kali ini mengajari aku juga arti semangat dan bangkit.. πŸ˜€ Terus berkarya yaaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s