DF Clinic: Awal Kulit Sehat

Ruang perawatan di DF Clinic (Sumber foto DF Clinic)

Ruang perawatan di DF Clinic (Sumber foto DF Clinic)

Masa abege saya dihabiskan dengan menelan ejekan teman-teman yang menyebut saya “cewek jerawatan dan komedoan” seolah itu penyakit menular dan memalukan, sampai kenyang nangis diam-diam juga sesenggukan. Jalan kaki dengan kepala tertunduk dalam-dalam buat menghindari tatapan orang juga pernah saya lakoni. Enggak seberapalah itu ketimbang efek psikologis, enggak percaya diri.

Pasalnya, keadaan kulit saya yang jerawatan memang udah turunan dari sananya, tambah lagi waktu itu saya belum ngerti gimana merawat kulit wajah biar jauh-jauh dari serangan jerawat batu yang pada beringas. Belum lagi masalah kulit berminyak saya yang tampak mengilat ngalah-ngalahin kilauan emas. Bermacam obat jerawat saya pakai. Mulai dari rekomendasi teman Kakak, sampai pelanggan toko Ayah. Jerawatnya menghilang sesaat, gak berapa lama muncul lagi. Sampai capek ngobatinnya juga. Sampai akhirnya saya biarin aja. Memang sih masuk masa remaja, populasi jerawatnya berkurang banyak ๐Ÿ˜€ Nah, sekarang… di usia yang kepala tiga, masalah kulit bertambah lagi. Apalagi kalau bukan munculnya kerutan-kerutan halus di wajah :’)

Ruang tunggu DF Clinic (sumber foto website DF Clinic)

Ruang tunggu DF Clinic (sumber foto website DF Clinic)

Suatu waktu dalam sesi “woman talk” yang enggak luput dari pembahasan masalah kulit, seorang teman bernama Teh Tian, merekomendasikan DF Clinic untuk konsultasi dan perawatan kulit. Nama klinik satu itu enggak asing di telinga, soalnya kembaran saya–Evi–udah lebih dulu melakukan perawatan di sana. Ngeliat muka Evi yang mengkinclong, saya jadi ngiler juga perawatan ke DF Clinic.

Pertemuan Pertama

Berangkatlah saya ke DF Clinic yang berada di Jalan Lemah Neundeut No 10 Setra Sari Bandung, setelah sebelumnya bikin janji dulu dengan dokter David. Sebelum saya lanjut cerita, saya mau memperkenalkanย  siapa dokter David ini.

(sumber foto website DF Clinic)

(sumber foto website DF Clinic)

dr. David Budi Wartono is Aesthetic and Anti Aging expert. He commited to help people to feel and look younger, healthy, fit, and fresh everyday. He believe the future doctor is focusing on preventive medication for better and maximum life experience. He had many experiences helping people with degenerative caused health issue and imbalance Hormone such as: Obessity/ overweight problem, skin problem, emotional problem, health declined problem, immunity and allergy problem and many others.

His specialities Service are: Anti Aging Consultation, Aesthetic Consultation, Slimming & Beauty consultation, Medical Detox consultation n laboratorium check up, Hormone Restoration Therapy, Acupunture, Degenerative disorder, Medical Detoxification, Medical Energy Therapy, Herbal medicine, Essential oil therapy.

Itu dia sekilas tentang dokter David. Selain dokter David, di DF Clinic ada beberapa dokter lain yang sama kerennya. Soalnya semua layanan DF Clinic ditangani oleh para dokter berlisensi, jadi udah jaminan kualitasnya.

Sesi Konsultasi

Sambil menunggu sebentar di lobi DF Clinic yang nyaman, saya dan Evi ngobrol-ngobrol sama Kang Renza, SPV DF Clinic. Kata Kang Renza, di sesi konsultasi nanti, ceritain aja semua permasalahan kulitnya, supaya dokter David bisa menemukan akar permasalahannya. Dengan begitu, nantinya perawatan yang didapat sesuai keadaan dan kebutuhan kulitnya.

Sehabis menunggu giliran setelah Evi, bertemulah saya dengan dokter David Budi Wartono. Saya menceritakan semua masalah kulit saya pada dokter David yang mendengarkan dengan saksama. Lalu muka saya diperiksa dokter David untuk diteliti keadaannya, setelah itu seorang terapis ramah mengambil foto muka saya.

Menurut dokter David, dilihat dari pemeriksaan tadi dan berkas Evi. Saya ternyata punya masalah yang sama dengan Evi. Memang ini faktor genetik, anak kembar cenderung punya masalah kesehatan yang sama. Jerawat kami disebabkan oleh hormon. Makanya saat haid biasanya muka saya panen jerawat XD Sementara buat menghilangkan bekas jerawatnya mesti dilaser. Huaaa :’) Beda lagi buat menangani masalah penuaan dininya, menurut dokter David, enggak bisa selesai sama perawatan dan obat-obatan dalam mapun luar, tapi mesti lengkap dengan pola hidup. Beuh, telak banget ini sih. Ketahuan banget punya pola hidup yang enggak sehat >.<

Pola makan enggak sehat, cek!

Pola istirahat enggak bener, cek!

Pola olah raga enggak teratur, cek!

Lengkap banget kan semua pola yang bikin kulit sehat dan kinclong itu dilabrak. Dari hasil konsultasi panjang sama dokter David, hasilnya:

Pola Makan

Penuaan dini bisa dicegah dengan mengurangi konsumsi gula, tepung, dan jauh-jauh dari mie instan. Ditambah lagi, dari hasil compare dengan berkas Evi, dapat dipastikan saya alergi susu. Jadi, kalau buat Evi yang paling susah itu putus sama mie instan, kalau saya mesti move on dari susu. Dokter David menjelaskan bahwa banyak mengonsumsi mie selain menyebabkan penuaan dini juga mendatangkan banyak penyakit lainnya. Memang sih, efeknya enggak kerasa dan kelihatan secara langsung.

Kelebihan mengkonsumsi gula ternyata menyebabkan penurunan metabolisme tubuh sehingga berpengaruh pada kesehatan kulit. Nah, selain susu, menghindari tepung juga susah, soalnya saya pecinta gorengan garis keras XD Yaah, mesti dadah-dadah deh sama segala jenis gorengan.

Jadi buat menjaga kesehatan kulit, dokter David menyarankan supaya mengonsumsi sayur dan buah. Baiklah, Dok. Akan saya coba ๐Ÿ˜€

Pola Istirahat

Dokter David mengingatkan soal pola tidur sehat. Baiknya orang dewasa tidur tujuh sampai delapan jam sehari. Gunanya untuk mengembalikan kesegaran dan menjaga metabolisme tubuh agar tetap normal.

Mendengar pola tidur saya yang hobi bergadang, dokter David menyarankan supaya mengubah jam kerja. Dari asalnya kerja di jam manusia kelelawar, ke morning person. Itu berarti saya mesti melupakan hobi bergadang saya, ujian berat banget XD Kata dokter David lagi, saya enggak boleh memforsir tubuh. Harus memenuhi hak tubuh buat istirahat cukup.

Olah Raga

Satu lagi yang enggak boleh dilupakan: olah raga. Olah raga ini enggak perlu yang berat-berat, kayak angkat besi atau keliling senayan sebelas kali, tapi jangan juga cuman olah raga jempol doang semacam chatting semalaman sama gebetan di WA XD Olah raga harus konsisten dan berlanjut. Ringan aja seperti peregangan atau jalan kaki.

Sehabis sesi konsultasi, saya diberi sepaket perawatan siang dan malam. Yaitu pencuci muka, nutri cream, krim malam, dan obat jerawat. Semuanya hasil racikan DF Clinic sendiri yang memakai bahan natural dan aman.

facial wash dari DF Clinic

Facial wash dari DF Clinic

Facial Wash

Berfungsi untuk membersihkan muka dari kotoran. Dipakai cukup sekali sehari. Semua pencuci muka memang baiknya dipakai sekali saja sehari agar tidak membuat kulit kering. Dipakai sebelum tidur. Sementara untuk pagi dan siang, cukup memakai air hangat, karena kita bangun dengan keadaan muka bersih. Pencuci muka ini juga membersihkan komedo loh.

Nutri cream dari DF Clinic

Nutri cream dari DF Clinic

Nutri Cream

Berfungsi memberi nutrisi dan melembapkan kulit. Dipakai dua kali sehari, pagi dan siang hari.

Obat jerawat dari DF Clinic

Obat jerawat dari DF Clinic

Obat Jerawat

Dipakai ke bagian-bagian yang berjerawat atau brutus-brutusnya saja. Cukup dioles tipis-tipis sekali sehari di pagi hari.

Krim malam DF Clinic

Krim malam DF Clinic

Krim Malam

Krim malam dipakai pada malam hari, dioles ke seluruh wajah tipis-tipis. Berfungsi untuk melepaskan sel-sel kulit mati.

Pertemuan Kedua

Setelah pertemuan pertama itu, dokter David meminta saya datang lagi beberapa hari kemudian untuk mendapat perawatan mikrodemabrasi, sambil melihat bagaimana reaksi kulit saya terhadap paket perawatan darinya.

Malamnya saya langsung memakai krim malam dari dokter. Ternyata reaksinya, muka saya terasa gatal. Begitupun esok paginya ketika memakai nutri cream dan obat jerawatnya. Setelah itu saya hentikan dulu pemakaiannya. Dua hari kemudian, ketika bertemu dengan dokter David, saya sampaikan reaksi itu.

Dokter David: Apa kulitnya terasa kering? Kering itu kalau dipegang terasa halus tapi gatal.

Saya: Iya, Dok. Apalagi pas memakai krim malam, kulit muka saya jadi memerah.

Dokter David: Memang pasti memerah kalau memakai krim malamnya, karena fungsinya untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati.

Perkiraan saya bahwa muka saya mungkin alergi pada paket perawatan yang diberikan dokter David ternyata meleset. Karena reaksi kulit saya itu normal. Memang reaksi kulit itu beda-beda, kalau kulit Evi bisa langsung beradaptasi, kulit saya pelan-pelan menerimanya. Dokter menyarankan untuk meneruskan pemakaiannya, tapi untuk obat jerawat dan krim malamnya harus lebih tipis dan dipakai sementara ini dua hari sekali sampai tidak lagi terasa gatal.

Dalam sesi konsultasi ini dokter David membahas juga tentang tipe kulit. Kata dokter David, kulit yang berminyak itu belum tentu memang tipe kulit berminyak. Namun bisa jadi itu malah tipe kulit kering. Saking kering, muka mengeluarkan minyak agar kulit bertahan kelembapannya. Biasanya orang cenderung jadi sering mencuci mukanya untuk menghilangkan minyaknya, itu salah.Karena kulit malah akan makin kering, dan produksi minyak malah makin bertambah. Yang berbahaya justru saat kulit kering tidak mengeluarkan minyak, berarti sudah bermasalah, tidak lagi bisa survive kulitnya. Cara terbaik agar kulit menjadi normal adalah dengan memenuhi kebutuhan air kulit dengan banyak minum, atau memberikan air secara langsung ke kulit dengan cara menempelkan kapas basah.

Jadi dokter awalnya hanya bisa mengira-ngira tipe kulit dan ketetapannya baru dapat dipastikan setelah mendapat perawatan beberapa kali. Karena itu jangan sampai “window shopping” alias baru perawatan sekali pindah atau mencoba yang lain lagi. Itulah yang membuat kulit kita terus-terusan tidak mendapat perawatan yang sesuai. Cara dokter David ngasih penjelasan itu enak banget deh, saya jadi paham.

Usai sesi konsultasi yang ngasih pencerahan itu, saya diberi perawatan mikrodemabrasi.

Mikrodemabrasi

Mikrodemarbrasi ini baiknya dilakukan tiap tiga minggu sekali, fungsinya mengangkat sel kulit mati. Awalnya wajah saya dibersihkan, lalu diberi pijatan halus, kemudian memakai alat sel-sel kulit mati diangkat. Rasanya kayak disedot memakai vacuum cleaner mini. Lalu dipijat lagi, dan diakhiri dengan memakai masker.ย  Seluruh prosesnya sekitar 45 menit.ย Pada awalnya, saya mengira mikrodemabrasi ini kayak facial yang sakit dan abisnya muka jadi merah-merah. Ternyata enggak banget! Enggak sakit sama sekali, bahkan saking enak sampai mau ketiduran ๐Ÿ˜€

Alat mikrodemabrasi DF Clinic

Alat mikrodemabrasi DF Clinic

Sel kulit mati

Hasilnya… taraaa…! Muka jadi segeer bangeet, lembut, bersih, dan bisa langsung pergi ke mana-mana. Waktu itu saya langsung ke acara undangan blogger. Yeaay!

Sehabis perawatan mikrodemabrasi di DF Clinic

Sehabis perawatan mikrodemabrasi di DF Clinic

Beberapa hari kemudian, saya mulai memakai rangkaian perawatan dari DF Clinic lagi. Seperti pencuci muka, nutri cream, obat jerawat, dan krim malam. Kali ini kulit wajah saya menerima dengan baik. Enggak ada tuh gatal-gatal lagi. Malahan jerawat saya yang bermunculan saat haid, bisa hilang dalam sehari. Besoknya, jerawat-jerawat besar itu kabur dari muka saya. Coba deh waktu saya abege udah kenal sama DF Clinic ini, pasti enggak akan ngalamin di-bully karena jerawatan ๐Ÿ˜€

DF Clinic memang awal kulit sehat, karena dari sana, saya enggak cuman dapet perawatan luar, tapi pemahaman untuk hidup sehat agar kulit dan tubuh saya sehat.

Kamu mau juga konsultasi dan melakukan perawatan di DF Clinic? Coba hubungi alamat, telepon, dan sosmed mereka:

DF Clinic

Jalan Lemah Neundeut No. 10 Setra Sari – Bandung

Telp. 022-2010593

PIN BB: 2290FF6F

YM: DFClinic@DFClinic.com

Facebook: DF Clinic

Twitter: DF_clinic

Instagram: @DF_CLINIC

Website: http://www.dfclinic.com

 

2 thoughts on “DF Clinic: Awal Kulit Sehat

Leave a Reply

