[Blog Tour] Review dan Giveaway Novel Cat Meets Vet Karya Acariba

cat meets vet

Karena merasa sama-sama pemelihara kucing seperti tokoh Cat Meets Vet, saya langsung tertarik dengan novel ini. Kisah yang berhubungan sama kucing memang selalu menarik perhatian saya, kecuali Tom and Jerry karena kucingnya sering sial–abaikan hiasan tom yang nongkrong di laptop saya. Gimana ya kucing jadi benang merah kisah percintaan kedua tokoh utamanya? Bikin penasaraaaan.

*****

Data Buku

Judul : Cat Meets Vet

Penulis : Acariba

Penerbit : Elex Media Komputindo

Tebal : 258 Halaman

Editor : Afrianty P. Pardede

ISBN : 9786020272702

Blurb :

Apa yang sangat kau benci dalam hidupmu?

Meta, seorang bidan, akan menjawab: kucing jantan–yang mencakar setiap pria–dan seorang playboy.

Takdir seakan tak mengerti Meta. Dia pun dipertemukan dengan seorang playboy pemilik masa lalu kelam dengan bantuan seekor kucing yang memiliki kelakuan ajaib.

Playboy itu bernama Ega, seorang dokter hewan tampan yang sangat mudah mendapatkan setiap perhatian dari wanita. Playboy yang terluka harga dirinya akibat penolakan “seorang” Meta.

Mungkinkah Meta–yang pernah mengalami sakit hati karena pengkhianatan seorang pria–melunturkan ego seorang Ega?

Cover novel Cat Meets Vet

Cover novel Cat Meets Vet

*****

REVIEW

Mari kita bahas mulai dari cover-nya. Sedari awal melihat cover Cat Meets Vet, saya udah langsung suka. Warna, gambar, dan penempatan tulisannya menarik. Setelah diteliti lebih dekat ternyata ekspresi si kucingnya lucu banget, dan bibir cowok–yang pasti bernama Ega itu–keliatan tipis menggoda, tapi gak bikin melting kok XD

Lanjut ke blurb. Kalimat pertamanya nonjok banget, suka! Tapi setelah dibaca keseluruhan, jadi kurang menarik karena hanya membahas tentang playboy yang terluka harga dirinya karena ditolak. Kesannya cerita novel Cat Meets Vet ini bakal biasa banget. Padahal isinya jauuuuh lebih menarik dari penggambaran blurbnya.

Maju ke cerita. Terus terang awalnya saya enggak “ngeuh” kalau cerita novel ini spin off dari novel Mbak Acariba sebelumnya, Precious Lady. Saya cuman heran, kok dari halaman pertama, tokoh Meta ini sama kayak tokoh di Precious Lady, sama-sama suka mengoleksi foto-foto pria tampan. Saya jadi mikir, jangan-jangan Mbak Acariba emang hobinya sama kayak tokoh-tokohnya, makanya nyelipin hobi yang sama terus di novel-novelnya XD Baru nyadar kalau Meta ini sahabatnya Diva di novel Precious Lady pas baca halaman ketiga, makanya enggak aneh kalau hobinya sama, namanya juga konsistensi *tepok jidat deh* Jadi malu sendiri punya pikiran kayak tadi. Kalau kata Meta sih: Terima kasih hati busuk! XD

Setelah ingatan saya kembali–tsaah, kesannya kena amnesia–saya inget kalau dari dulu suka sama tokoh Meta ini. Sempet sedikit sedih waktu itu karena kisahnya Meta masih ngegantung. Ternyataaaa, Meta dibikinin bukunya sendiri. Senangnyaaa…!

Terus terang, dua bab pertama novel ini enggak menyajikan kejutan atau letupan dari segi cerita. Mengalir begitu saja. Tapiiii, ceritanya dengan ajaib mengikat saya sebagai pembaca. Rasanya betah banget baca novel ini, kayak dibawa aliran air. Di bab empat, Mbak Acariba mulai menabur misteri dalam ceritanya. Saya langsung penasaran gimana sih kisah masa lalu kedua orang tua Ega ini. *kemudian ngarep spin off-nya, plaak* Novel ini memperlihatkan kepiawaian Mbak Acariba memadukan romance, komedi, dan drama keluarga yang mengharukan. Kisah cinta antara Meta dan Ega ini berhasil mengaduk-aduk perasaan saya. Asli ikutan baper. Saya turut merasakan kegalauan Meta sampai hati ikut nyut-nyutan :’) Adegan hot-nya juga pas deh. Jadinya jatuhnya romantis πŸ˜€ Dari segi komedinya juga berhasil, dari awal sampai akhir seringkali saya tersenyum membacanya. Lalu setelah diajak bertualang rasa dari senang, galau, jatuh cinta, menuju akhir pembaca disuguhkan “gong” satu kejadian mendebarkan yang melibatkan Meta-Ega-Ari. Saya suka part ini, meskipun formulanya sudah sering dipakai oleh film atau novel lain, tapi tetep aja adegan laga kayak gitu selalu berhasil bikin saya meleleh.

Keunikan novel ini salah satunya terletak dari kisah percintaan yang melibatkan kucing. Kucing di sini berperan penting, jadi enggak sekadar tempelan. Konflik Cat Meets Vet juga cukup mendalam–seperti masalah keluarganya–tapi karena penyampaianya mengalir, jadi terasa tetap ringan untuk diikuti. Penyampaian amanatnya pun soft, sehingga pembaca enggak berasa diceramahin.

Sengaja enggak sengaja, saya membandingkan Cat Meets Vet dengan Precious Lady. Mungkin karena ceritanya berkaitan. Kalau dari segi cerita, buat saya Cat Meets Vet ini lebih menarik dari Precious Lady, penulisannya juga lebih rapi. Namun penyuguhan keduanya sama-sama khas Mbak Acariba yang lincah, mengalir, kocak, dan komikal. Adegan kekerasan yang bertebaran di dalam novel ini sangat komikal. Contohnya:

Pertama, dia melempar wajah tampanku dengan sandal rumah berbentuk kelinci. Kedua, dia menendang tulang keringku hingga aku meringkuk kesakitan di atas kursi. (Halaman 209)

Kemudian kekhasan Mbak Acariba yang lain adalah pemakaian kalimat berlawanan. Selalu suka dengan formula ini πŸ˜€ Contohnya:

“Aku nggak repot, kok. Santai aja!”

Aku yang repot!

(Halaman 49)

Namun dari kesamaan yang postif tadi, ada satu kesamaan yang… bukan negatif sih, tapi bikin karakter tokoh-tokoh utama di dua novel itu jadi mirip. Soalnya keempatnya (Meta, Ega, Diva, dan Bima) sama-sama suka berkata, “Baik, bla-bla-bla.” Tapi memang di Cat Meets Vet ini enggak sesering Precious Lady.

Sekarang kita bahas karakter tokohnya. Tokoh Ega mengingatkan saya ke tokoh Arjuna di novel Akulah Arjuna karya Mbak Nima. Soalnya sama-sama playboy narsis ngerasa ganteng, pecicilan, tapi baik hati πŸ˜€ Mbak Acariba sekali lagi berhasil mebuat tokoh-tokoh lovable karena kekurangan-kekurangannya. Misalnya Meta yang secara pemikiran sangat manusiawi. Ngiri melihat pasangan cewek-cowok cantik ganteng, lalu pelit a.k.a ngirit, dan makannya banyak. Cuman tokoh saingan perempuannya aja yang enggak greget, soalnya semua digambarkan cewek cantik berpakaian seksi dan attitude-nya jelek. Membuat persaingan itu terasa sangat mudah dimenangkan Meta. Seandainya ada yang punya karakter sepadan dengan Meta, pasti lebih menarik πŸ˜€ Penggambaran fisik tokoh-tokohnya juga disampaikan dengan asyik oleh Mbak Acariba. Pas letak-letak penjelasannya.

Editan novel ini juga terbilang rapi. Saya memang masih menemuka beberapa typo dan salah pemakaian “di” yang dipisah padahal seharusnya disatukan. Secara keseluruhan novel ini bikin saya enggak mau lepas sebelum selesai baca. Menarik dan mengalir. 3,5 bintang untuk novel ini.

****

GIVEAWAY

banner blog tour

Mau novel Cat Meets Vet bertanda tangan dan hadiah keren lainnya? Buat kamu yang udah punya novelnya bisa ikutan juga loh, karena hadiahnya beda! Ikutan giveaway-nya yuk. Caranya:

1.Β Follow akun twitter @ReTuRike dan @evasrirahayu

2. Twit info giveaway ini dengan tagar #GACatMeetsVet dan mention akun twitter saya dan Mbak Acariba.

3. Tantangan giveaway ini adalah:

A. Untuk peserta yang belum memiliki novelnya buat photo quotes dari novel Cat Meets Vet ini. Peserta boleh membuat lebih dari satu photo quotes. Quotes bisa kamu ambil dari SINI, sekalian ngeliat contoh-contoh hasil peserta lain di giveaway Cat Meets Vet sebelumnya. Upload photos quotes via twitter dengan format:Β #GACatMeetsVet @evasrirahayu @ReTuRike @elexmedia twitpic photo quotes.

photoquotesacariba

Contoh photo quotes

B. Untuk peserta yang sudah memiliki novelnya upload foto selfie bersama bukunya dan mention dengan format #SelfieCatMeetsVet @evasrirahayu @ReTuRike @elexmedia twitpic photo.

4. Peserta yang dulu pernah ikutan giveaway Cat Meets Vet di blog Luckty boleh ikutan lagi tapi memberikan photo quotesΒ atau foto selfie yang berbeda dengan yang diikutkan di giveaway sebelumnya.

5. Di kolom komentar di bawah ini, tuliskan nama, akun twitter, kota tinggal, dan link twitpic yang sudah di-upload dari twitter agar mudah dalam pendataan peserta.

6. Giveaway ini berlangsung dari tanggal 15 sampai 28 Januari 2016. Tiga pemenang diumumkan tanggal 29 Januari 2016 di akun twitter saya.

8. Hadiah untuk tiga pemenang rinciannya sebagai berikut:

A. Satu pemenang akan mendapatkan buku Cat Meets Vet+ pouch unyu

B. Satu pemenang akan mendapatkan pouch unyu + organizer

C. Untuk peserta yang sudah memiliki novelnya, dipilih satu yang akan mendapatkan tote bag + book cover khususΒ 

12499381_1728138694088883_550657629_o

Advertisements

48 thoughts on “[Blog Tour] Review dan Giveaway Novel Cat Meets Vet Karya Acariba

  1. Nama : Tasya
    Akun twitter : @tasyaamanda95
    Kota : Bandung
    Link twitpic : https://twitter.com/tasyaamanda95/status/689275208998375424

    Terima kasih mbak Eva untuk kesempatan GA nya

  2. Nama: Nila Faizatun Nikmah
    Twitter: @nila_nfaiza
    Kota tinggal: Semarang
    Link twitpic:
    Photo quotes 1

    Photo quotes 2

    Photo quotes 3

    Photo quotes 4

  3. Atria Dewi Sartika
    akun twitter @atriasartika
    Kota tinggal: Mamuju

    Link twitpic:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s