Tips Menjaga Kesehatan Si Tukang Bergadang

IMG_20150820_110243

Bisa dibilang “bergadang” adalah nama tengah saya. Dulu hampir tiap hari saya bergadang, sampai saya berpikir bergadang itu mungkin sudah jadi hobi. Untung bukan hobi ngemil batu 😄 Bahasa kerennya sih, saya ini salah satu makhluk nokturnal. Biasanya saya bergadang untuk menulis, berhubung saya fulltime writer. Apalagi hari-hari mendekati deadline, bisa sampai pagi, ayam aja saya yang bangunin. Cek aja akun twitter saya yang aktif di jam ronda. Jadi ini nulis karya apa nulis twit? Eung… dua-duanya, meskipun kebanyakan twitnya ketimbang karyanya, eh. Saya memilih jam malam karena siang hari dipakai untuk tidur, ups, maksudnya untuk mengurus keluarga alias shift profesi lainnya sebagai fulltime mom. Selain itu menulis di malam hari membuat saya lebih konsentrasi, ide-ide berdatangan di dalam keheningan. Ada yang punya pengalaman dan kebiasaan yang sama dengan saya? Mungkin yang lagi ngelarin skripsi atau tesis? 😄

Sedihnya, lama-lama badan saya jadi enggak kuat. Selain berat badan naik terus karena kebanyakan ngemil di malam hari, kena migrain, saya juga sering flu dan masuk angin. Akibatnya, besoknya di punggung saya tergambar dengan cantik lukisan tulang ikan. Dan ternyata bergadang dalam jangka waktu lama sukses membuat saya sering terlambat mengantar anak ke sekolah dan parahnya kesehatan saya mulai menurun. Setelah itu saya berpikir mencari cara-cara untuk menjaga kesehatan sebagai si tukang bergadang. Akhirnya saya menemukan formula ala saya.

Kalau kamu juga punya masalah yang sama dengan saya, tips berikut bisa dicontek:

  1. Pilih Jam Kerja

Sebelum bergadang, usahakan tidurlah dulu antara jam sembilan malam sampai jam tiga pagi. Selain memenuhi kebutuhan istirahat tubuh di malam hari, mulai kerja di jam dini hari membuat tubuh terasa lebih segar. Tapi kalau satu dua kali karena kepepet deadline jadi enggak bisa tidur dulu, masih bolehlah.

IMG_20150820_110300

2. Siapkan Obat Herbal

Kalau-kalau kamu gampang masuk angin karena bergadang, siapkan obat herbal ya. Penting untuk mencegah masuk angin dan menjaga kesehatan badan saat bergadang. Kenapa herbal? Karena alami dari tumbuh-tumbuhan. Saya sih biasanya minum Tolak Angin. Soalnya dibuat dari adas, kayu ules, daun cengkeh, jahe, daun mint, dan madu. Tolak Angin ini obat herbal terstandar yang diproduksi secara modern dan higienis di pabrik berstandar GMP (Good Manufacturing Practice), jadi tenang deh mengkonsumsinya.

Biasanya sih saya masukin ke dalam teh diminum sedikit-sedikit, bikin badan jadi hangat dan rasanya… maknyus. Tolak Angin ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh, jadi angin-angin nakal dan virus flu jauh-jauh dari kita. Sudah teruji loh melalui uji khasiat di laboratorium Bioteknologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro – Semarang.

Tolak Angin dicampurkan dengan teh.

Tolak Angin dicampurkan dengan teh.

E… tapi aman gak sih diminum tiap kali bergadang? Kalau bergadangnya tiap hari gimana? Santaaaaiii, Tolak Angin udah melewati uji toksisitas subkronik, hasilnya… Tolak Angin bisa diminum dalam jangka waktu panjang. Tuh kan, yang berlaku buat waktu panjang selalu dapet ujian dulu, makanya jangan gampang nyerah kalau hubunganmu sama dia juga dapet ujian, eh.

Selain siap sedia menemani bergadang, Tolak Angin juga saya minum kalau dalam perjalanan atau kecapean. Badan yang tadinya pegel-pegel dan rasanya pengin menumbangkan diri ke kasur, jadi seger lagi. Kebayang dong ya repotnya kalau saya sakit, kasian anak saya jadi enggak keurus. Ingat peraturan penting: Ibu dilarang sakit. Biar anak saya juga bebas mabuk perjalanan dan masuk angin, dia juga saya kasih Tolak Angin Anak. Kami memang ibu dan anak yang kompak.

Bukan hanya di Indonesia, Tolak Angin sudah dikonsumsi banyak orang di dunia. Tuh, dunia aja percaya sama ramuan tradisional kita ini. Enggak usah ragu lagi deh minumnya.

3. Pilih camilan sehat.

Kalau sudah histeris dan selalu butuh pelukan Oppa-oppa ganteng di drama Korea tiap kali melihat angka di timbangan, berarti sudah waktunya kamu berhenti ngemil keripik atau permen saat bergadang. Ganti dengan ngemil buah-buahan yang lebih sehat dan gak bikin melar.

4. Olahraga.

Supaya badan enggak gampang sakit, apalagi buat para bergadang lovers, penting banget olahraga. Males? Iya, memang saya juga sering males banget olahraga. Padahal enggak perlu lama-lama kok, cukup setengah jam tiap hari. Makanya biar enggak kerasa olahraganya, saya membiasakan diri mengantar anak ke sekolah dengan jalan kaki. Tahu-tahu target olahraga setengah jamnya sudah terpenuhi. Cari deh hal yang bikin kamu bersemangat olahraga, misalnya olahraga di GOR tempat gebetan biasa berolahraga. Tapi enggak juga sampai sengaja lari sepuluh kali keliling stadion bola gara-gara ada Evan Dimas lagi latihan, ya. Bisa-bisa bukannya sehat, kamu malah pingsan 😄

IMG_20150820_110250(1)

Itu dia empat tips menjaga kesehatan buat kita para bergadangers. Yuk, mari jaga badan biar makin lancar bergadangnya, eh, biar sehat maksudnya.

 

29 thoughts on “Tips Menjaga Kesehatan Si Tukang Bergadang

  1. Hahaha… Inget pas kerja di sidomuncul, kalau kebagian kerja shift malam, tiap malam ngambilin tolak angin. Tapi nggak boleh lebih dari 8 minggu berturut-turut juga, sih minumnya.

  2. Aku tipe orang yang gak kuat begadang, Teh. Aku lebih pilih ngerjain habis subuh daripada begadang. Apalagi kalau deadline, biasanya kecepatan ngetik bisa 5x lipat, hehehe

  3. Kalau saya sih tidak termasuk bergadangers. anti ayam jago ya 😀
    memang sih kebanyakan yang punya kebiasaan gadang depan komputer itu ngemil atau minum soda sebanyak” nya, ya tak hayal karena kebiasaan seperti itu jadi sering jerawatan dan nambah buncits 😀
    boleh dicoba nih tips nya. makasih mba 🙂

Leave a Reply

