Teman Bicara

IMG_8204315261336

 

Teman Bicara

: Juan Emyr Carlos Lawalata

 

Hai, Kang.

Gimana keadaan kesehatanmu? Tampaknya kita sama-sama harus berbenah soal gaya hidup. Usia sepertinya sudah tidak mengizinkan kita untuk bergadang mengingkahi malam ditemani bergelas-gelas kopi. Heuheu, tapi membayangkan hidup sehat ala-ala atlet saja sudah mengerikan. Yah, kamu lebih tahu soal itu, Kang, ayahmu atlet sepakbola. Saat mendengar ceritamu soal itu aku benar-benar terkesan, baru kamu sahabatku yang punya keluarga atlet. Sepertinya mengesankan sekali melihat orangtua kita berlaga memperjuangkan piala.

 

Kang, belum-belum aku sudah ngomong ngalor ngidul. Mengobrol denganmu memang selalu menyenangkan, kamu bisa diajak diskusi mengenai apa saja. Benar-benar teman bicara yang hebat. Masalahnya ada padaku, aku seringkali membuatmu dongkol karena lambat menyerap obrolanmu, apalagi soal matriks atau apalah pekerjaan kantormu itu. Masih mendinglah kalau kamu bercerita tentang petualangan travellingmu dan kegemaranmu naik gunung.

 

Oh iya, apa kabar Quil? Pangeranmu yang ganteng itu. Suatu hari aku ingin bertemu dengannya. Pasti lebih awsome dari foto dan ceritamu. Quil pasti bahagia punya ayah hebat sepertimu. Kamu bisa membesarkannya sendirian sejak dia kecil. Menjadi ayah sekaligus ibu baginya. Buat Quil juga kamu ingin bekerja di rumah. Aku tahu keadaan masih serba sulit. Tapi percaya saja itu bisa terwujud. Menghabiskan waktu bersamanya siang dan malam. Kang, saat ini kamu sedang berpacu dengan waktu, karena sekejap saja Quil akan menjadi remaja, saat itu dia akan lebih senang bersama teman-temannya, layakmya anak muda. Kitapun pernah begitu πŸ˜„

 

Kang, kuharap Quil bisa menjadi motivasimu untuk terus sehat. Dan kurasa sakit di tubuhmu belum setimpal dengan sakit di hatimu yang ditorehkan pengalaman bersama wanita-wanita yang pernah kamu cintai dan selalu tersimpan dalam bejana ingatanmu. Meskipun aku selalu mengolok-olokmu tentang rasi gemini yang kusebut sulit bersetia–omong-omong dalam sebuah artikel katanya gemini ini peringkat pertama sulit bersetia–tapi darimu aku tahu kalau gemini benar-benar bisa bersetia. Kang, sendirian memang sepi, tapi bersama wanita-wanita yang lewat lalu bukankah lebih sunyi. Aku percaya kamu bisa sendiri sementara waktu, mencari dalam penantian bertemu dengan kekasih sejati. Jangan lagi menjebakan diri dalam lingkaran yang sama, Kang. Banyak rasa memang pintar menyaru menjadi cinta, seperti yang dilakukan sepi.

 

Kang, ingatkah saat kubilang kamu seperti kereta malam? Memanggil-manggil para pekerja pulang untuk mendekap mereka dalam ketenangan menuju pulang. Kereta yang hangat dan penuh harap meski sesak oleh penumpang. Begitulah kamu, Kang. Selalu ingin menaungi banyak orang, menjadi teman bicara mereka, meminjamkan telinga dan hati yang penuh empati. Namun kamu seringkali menulikan diri, bahwa kamu sesungguhnya cemburu pada penumpang, karena mereka pada akhirnya pulang, seperti sungai bermuara ke samudera. Kamupun ingin didekap senyuman, seseorang yang mengecup ubun-ubunmu dan Quil saat malam menjelang. Karena itu, Kang, berhentilah menjadi kereta api. Jadilah sepeda yang hanya dikayuh seorang.

 

Kang, seringkali kamu lelah. Berpikir hidup ini tak lagi berguna. Jauh di lubuk hatimu kamu tahu itu tak benar.Β Kang, jangan pernah putus harapan. Selain Quil, ada doa orangtuamu dalam setiap detak jantung dan embusan napasmu. Ada Tuhan yang mencintaimu paling depan. Selalulah ingat. Selama manusia hidup, semua masalah pasti bisa diatasi, selalu ada harapan bagi pejuang.

Advertisements

3 thoughts on “Teman Bicara

  1. btw, source pic nya boleh kok di mention xD

    Ranu Kumbolo, merupakan tempat yang indah untuk menikmati sendiri ditemani kabut dan semilir angin di kala shubuh…cobalah untuk berendam dipagi hari dan nikmati ketika kulit terasa seperti tertusuk duri dan ketika kita bangkit dari air, hangat terasa walau sekejap diterpa angin maka akan menggigil kembali xD #random

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s