Review Novel “Deathline” dan Giveaway Berhadiah Novelnya

 

ย IMG_1594853676404

Kamu seorang yang pengin jadi penulis? Atau penulis yang merasa karier stuck begitu saja karena belum mencetak buku best seller? Saya sarankan jangan membaca novel “Deathline” ini kalau sampai tergoda mengikuti jejak Danny Taylor sang tokoh utama. Danny yang ingin sukses instan mau-mau saja melakukan transaksi dengan setan untuk cerita novelnya. Hiii … ngeri, ya.

Udah penasaran belum sama novel Deathline ini? Pengin tahu lebih banyak? Oke, saya cerita dari awal.

 

 

*ceritanya flashback*

 

 

Saya sangat jarang membaca novel horor. Soalnya saya penakut berat. Bisa gak bisa tidur semaleman kalau abis baca atau nonton yang berbau horor. Dan entah sudah berapa tahun saya meninggalkan bacaan itu. Sampai satu hari di tahun 2012, sahabat saya Mpok Mercy Sitanggang mengenalkan saya pada sahabatnya, Lewi Satriani. Bang Lewi meminta saya membaca draf novelnya yang berjudul “Ngetop Itu Neraka” iya … saya juga sepikiran sama kamu kalau judulnya norak (maafkan atas kejujuran ini Abang ๐Ÿ˜„ ). Digantilah menjadi DEAD alias Deal or No Deal. Yang ujung-ujungnya diganti lagi oleh penerbit menjadi Deathline.

Dengan mengumpulkan segenap keberanian saya mencoba membacanya. Waktu itu saya bertekad bakalan skip aja kalau membosankan *plaaak!

Ternyata sinopsisnya saja sudah mencuri perhatian saya. Sekarang, baca blurb-nya aja bakalan bikin kamu pengin baca deh. Apalagi liat cover-nya yang kece sekaligus misyerius. Nih saya bagi data bukunya.

****

Judul : Deathline

Pengarang : Lewi Satriani

Penerbit : Eazy Book

Tebal : 296 halaman

Cetakan : pertama, 2014

ISBN : 978-602-7702-31-8

Harga : Rp. 45.000

Blurb:

Bagaimana bila seorang penulis yang membuat sebuah novel sukses, akhirnya harus menjadi korban dari cerita yang ditulisnya sendiri?

Danny Taylor tak pernah mengira hidupnya akan berubah drastis semenjak ia mengunjungi sebuah pulau berhantu di Kepulauan Seribu. Setelah sembuh dari kesurupan. Ia mendapatkan ide untuk ditulis menjadi novel horor. Danny juga tidak pernah mengira jika novel itu akhirnya sukses di pasaran. Ketika seorang produser ternama mengangkat novelnya ke layar lebar, hidupnya kian cemerlang… namun hanya untuk beberapa saat.

Sampai ia menyadari ada sebuah kutukan di balik cerita yang ia tulis. Kutukan yang tak mudah lepas. Kutukan yang terus meneror dirinya dan orang-orang tercinta di sekelilingnya. Sebelum segalanya terlambat, ia harus menghentikan teror itu. Atau nyawanya yang menjadi taruhan.

Jika kamu mengira kisah dalam buku ini hanya fiktif belaka, bersiap-siaplah untuk kecewa. Baca dan buktikan sendiri… kalau kau punya nyali.

****

Putri belum sempat menyalakan motor tempel yang ada di pantat perahu saat mendengar teriakan itu. Gadis itu menoleh, tak percaya melihat sepasang tangan Ninda yang kurus ceking mencengkeram leher Dicky dan mengangkat pria itu beberapa senti dari dasar perahu. — halaman 7.

 

Paragraf di atas adalah pembukaan novel ini. Cukup menghentak dan langsung mengikat. Novel ini dibuka dengan kejadian mengerikan di Kepulauan Seribu yang diangkat dari menjadi novel berjudul Bloody Reuni oleh si tokoh utama, Danny Taylor. Membaca bab awalnya saja saya sudah merinding-rinding. Sempet kepikiran lanjut enggak lanjut enggak. Tapi penasaran. Akhirnya ya selesai juga dalam beberapa hari karena tiap ketakutan, saya simpen dulu, hohoho.

Plot Deathline ini pas, enggak terlalu cepet juga enggak lambat. Setiap bab diakhiri dengan suspense yang membuat penasaran. Adegan-adegan horornya tergambar apik. Karakter tokoh-tokohnya kuat, dan dari sekian banyak tokoh yang terlibat, enggak ada satupun yang kehadirannya sia-sia. Tokoh favorit saya itu Fika, sahabat Danny di tempat kerjanya dulu, tabloid Nonnie. Penulis nampak luwes menceritakan kehidupan wartawan tabloid di dalam novelnya. Mungkin karena pengalaman pribadi Bang Lewi juga yang pernah bekerja di tabloid.

Seting novel inipun digambarkan pas, sehingga cukup terbayang visualisasinya.ย 

 

Terdengar bunyi berdengung. Seiring dengan itu, dia merasakan seluruh ruangan bergerak. Perlahan memang, tetapi bila dirasakan betul, maka akan tampak sekali perbedaannya. Lantai bergerak ke atas, langit-langit bergerak ke bawah, sementara dinding di samping kiri, kanan, depan, dan belakang bergerak maju. Ruangan ini akan menjepitnya! –halaman 210-211.

 

Sayangnya novel ini enggak menyisipkan sedikit ruang buat romance. Saya sih penginnya ada selipan bumbu percintaannya gitu ๐Ÿ˜„ Namun buat pecinta horor murni (istilah dari mana ini) sepertinya akan sangat menikmati.

Deathline memiliki konflik berlapis, sehingga pembaca sulit menebak endingnya. Petualangan Danny menghadapi teror demi teror bener-bener seru diikuti. Apalagi saat hidupnya sudah seperti mimpi buruk, bos penerbitannya malah memaksanya membuat novel sekuel. Apa Danny berhasil membuatnya? Apa dia bisa menghentikan kutukan? Dibumbui dengan kehidupan wartawan, industri penerbitan, dan perfilman, novel ini kaya informasi juga. Baca deh, enggak akan nyesel deh ^^

 

****

Teman-teman punya nyali buat baca novelnya? Mau dapetin novelnya gratis? Yuk, ikutan giveaway-nya. Syaratnya kamu harus follow twitter penulis di @RumahHantu13 dan jawab pertanyaan saya di kolom komentar postingan ini. Ada satu novel Deathline bertanda tangan (boleh request cap bibir atau jempol kaki) yang akan dikirim langsung oleh penulisnya. Pertanyaannya: Kalau kamu menulis novel horor, cerita apa yang akan kamu tulis?

Giveaway ini berlangsung dari tanggal 19 sampai 31 Januari 2015. Pemenang diumumkan tanggal 1 Februari di twitter saya @evasrirahayu jam 8 malam.

Advertisements

26 thoughts on “Review Novel “Deathline” dan Giveaway Berhadiah Novelnya

  1. Kalau aku nulis sebuah cerita horor, aku akan cerita tentang sebuah buku yang terkutuk. Jadi, tersebutlah sebuah buku yang ketika sekali dipegang oleh seseorang, seseorang itu akan selalu ingin membacanya. But wait, dalam buku itu ada kata-kata tertentu yang jika dibaca, akan mengakibatkan kematian orang lain yang disayangi pembaca, ada kalimat-kalimat yang jika dibaca akan menjadi kenyataan dan dialami oleh pembaca, dan jika pembaca berhenti membaca buku itu lebih dari 24 jam, hidupnya tak akan tenang dan selalu dihantui oleh sesosok hantu bermuka menyeramkan seperti buku yang sudah satu tahun terbengkalai di gudang yang lembab. Pembaca harus kuat menghadapi hidup penuh teror, ancaman, dan ketakutan hingga dia selesai membaca buku terkutuk itu, setebal 6666 halaman! Lalu bagaimana usaha si pembaca untuk terlepas dari cengkeraman buku terkutuk itu?

    Twitter: @Dwi_Setianto sudah follow @RumahHantu13

    Terima kasih ๐Ÿ™‚

  2. Kalau nulis cerita horor sih, pengennya pengalaman pas malam ujian kenaikan tingkat pas aktif pramuka di Penggalang dulu. Suer, satu malam banyak kali nampak yang gituan. ๐Ÿ˜€

  3. Kalau saya, tentang sekolah saya–yang masih kental dengan bangunan Belanda dan mitos yang beredar–udah gitu, mau masukin ‘pengalaman aneh’ saya seputar hantu sekolah. Jadi, masalah riset langsung di sekolah sendiri xD hihiw! Untuk konflik, saya sudah menyiapkan ‘masalah remaja’! Ya, masih seputar remaja, memang((:

    @falfanyfitri

  4. Saya akan menceritakan kisah horror yang saya alami dengan sahabat-sahabat saya. Saat kami harus terjebak dalam kos-kosan berhantu. Di buka dengan adegan saat para tokohnya yang tak merasakan adanya hal-hal yang aneh dalam kos-kosan itu. Mereka akan menjalani aktivitas seperti biasa, sampai tepat 100 hari mereka tinggal disitu, satu demi satu kejadian aneh menimpa mereka.

    Yah, mungkin latar cerita dan temanya akan saya buat seperti itu. Diselipkan cerita fiksi sedikit. Yang paling penting sih bisa menyajikan adegan-adegan mengejutkan dan alur yang tidak mudah ditebak. Konfliknya mungkin di sekitar โ€˜bagaimana cara kami menghadapi berbagai macam gempuran yang dilancarkan makhluk halusโ€™ atau โ€˜hantu-hantu apa saja yang munculโ€™. Untuk memberikan kesan menegangkan mungkin saya akan menambahkan adegan dimana aka nada anjing pemilik kost yang selalu menggonggong setiap malam, yang katanya sih sebagai pertanda bahwa ada hantu yang menampakkan diri (pengalaman pribadi) Juga pembangunan karakter tokohnya yang kuat dan konsisten sampai akhir. Kalaupun ada perubahan karakter, harus ada alasan yang jelas tentang perubahan karakter itu. Intinya sih, kesan horror dan menegangkannya harus ditonjolkan #Maaf kak kalau kepanjangan, hehe.

  5. kalo diberi kesempatan buat nulis buku horror, aku maunya sih tentang misteri kelompok/aliran pemuja setan tertentu. Yang isinya ada tentang penyembelihan perempuan yang bertujuan untuk ritual memanggil si setan, setelah itu acara makan-makan bersama yang bahannya dari daging dan organ korban penyembelihan tersebut, adanya ruangan yang berisi tengkorak berbagai gaya (digantung, kepalanya distusuk, tulangnya patah, dll). Dan letaknya tempat itu berada diruang bawah tanah sebuah Rumah Sakit Jiwa. Pasien RSJ pun banyak yang melihat arwah gentanyangan tapi tetap mereka dianggap sedang mengalami gangguan jiwa. Korban masih berjatuhan. Terlebih lagi pasien yang jarang dijenguk oleh keluarganya dan perawat perempuan yang magang , dapat dipastikan bisa menghilang tiba-tiba. Singkat cerita, ternyata salah satu dokter senior merupakan ketua dari aliran pemuja setan tersebut.

    Garingnya kak ? :v aku emang gak tau dan sedikit gak suka ma cerita horor..

    @Sofhy_Haisyah

  6. Dari sinopsisnya, Deathline menarik ya… ๐Ÿ™‚ jadi penasaran pengen baca seutuhnya sampai selesai ๐Ÿ˜€

    Ikutan GA nya juga ya, mba ^_^

    > Kalau kamu menulis novel horor, cerita apa yang akan kamu tulis?
    Cerita tentang novel berseri yang memiliki “roh”.
    Novel berseri tersebut bersetting tempat di Indonesia, pastinya… pada era tahun 1800an… bercerita tentang keluarga bangsawan Jawa yang terhormat, dikenal, sangat harmonis, baik dan dermawan, namun seluruh anggota keluarga tersebut yang terdiri dari suami – istri, 3 orang anak dan 2 pelayannya tewas karena perampokan di rumahnya. Novel berseri tersebut terdiri dari tujuh buku dan ditulis oleh seseorang yang tidak pernah diketahui.

    Ketujuh novel tersebut bercerita tentang keseharian keluarga bangsawan itu. Dengan cerita yang tentunya bersambung dari buku satu ke buku lainnya, setiap buku itupun memiliki sudut pandang yang berbeda.
    Buku ke-1 dari sudut pandang Tuan A
    Buku ke-2 dari sudut pandang Nyonya B (Istri Tuan A)
    Buku ke-3 dari sudut pandang Nona C
    Buku ke-4 dari sudut pandang Nona D
    Buku ke-5 dari sudut pandang Nona E
    Nona C, D, E adalah ketiga putri dari Tuan A dan Nyonya B
    Buku ke-6 dari sudut pandang F
    Buku ke-7 dari sudut pandang G
    F dan G adalah pelayan yang baik dan setia keluarga bangsawan tersebut.

    Selama berpuluh-puluh tahun, ketujuh buku tersebut tersimpan di sebuah perpustakaan tua di sudut salah satu kota besar di Indonesia.

    Nah itu baru prolognya aja, hehe… cerita yang akan aku tulis, baru dimulai dari sini. Dengan setting tahun 1990an, di kota besar itu tadi. Diceritakan ada 7 orang remaja yang hobi sekali membaca dan mengunjungi perpustakaan tua itu. Karena sering bertemu dan kebetulan masing berada di meja yang sama di perpustakaan itu.mereka saling berkenalan dan ternyata buku yang sedang mereka pegang dan baca itupun dari 1 seri yang sama. Iya betul, buku-buku berhalaman tebal tersebut adalah 7 buku dari seri tentang keluarga bangsawan. Hingga akhirnya, 7 remaja itu bersahabat dan saling berjanji mengunjungi perpustakaan tua itu setiap hari Sabtu sore untuk menyelesaikan membaca novel berseri itu bersama-sama hingga selesai. Keanehan mulai terjadi, Saat mereka atau salah satu dari mereka tidak bisa berkunjung ke perpustakaan namun sesuatu terjadi hingga akhirnya, mereka tidak sadar tiba-tiba ada di perpustakaan. Seolah-oleh ada “sesuatu” yang menarik mereka bahwa rencana membaca novel itu tidak boleh batal.

    Namun pada hari Sabtu sore itu, ketika mereka hampir menyelesaikan membaca novel tersebut, perpustakaan itu kebakaran. Semua pengunjung dan penjaga perpustakaan itu berusaha menyelamatkan diri. Ke-7 remaja itu selamat, dan 6 diantaranya merasa tidak sadar membawa serta novel yang sedang mereka baca. Namun 1 remaja lagi tidak, ia mengaku novelnya jatuh saat ia melompati jendela.

    30 tahun kemudian, saat ketujuh remaja tersebut telah dewasa, sukses, bekeluarga, tinggal di luar negeri dan di kota-kota lainnya secara terpisah, bahkan hingga akhirnya mereka telah meninggal. Namun kenanehan dan misteri dari novel-novel tersebut semakin menjadi, bahkan hampir selalu memakan korban. Ya, keenam novel yang dahulunya dibawa oleh enam remaja itu masih ada. Dan novel yang satunya lagi ternyata juga masih ada di perpustakaan tua itu, perpustakaan yang telah direnovasi karena peristiwa kebakaran dahulu.

    Darah, air mata, pengkhianatan dan kejadian-kejadian diluar nalar yang mencekam pun terjadi pada masing-masing anggota keluarga 6 orang itu. Dan cucu dari orang ketujuh itu diminta membantu, mencari dan mengumpulkan kembali novel-novel yang terpisah itu. Orang ketujuh itu (yang dahulunya remaja ketujuh yang meninggalkan novelnya saat melompat menyelamatkan diri dari kebakaran) selalu bermimpi saat-saat mereka berkumpul bertujuh membaca novel itu di perpustakaan dan selalu mendengar suara : “persatukan kami, persatukan kami….”

    Akhirnya si cucu dari orang ketujuh itu berhasil mengumpulkan kembali 6 novel tersebut. Tidak mudah tentu saja… semua disertai misteri, darah dan deraian air mata. Hingga suatu hari salah satu dari masing-masing anggota keuarga 6 orang itu, beserta orang ketujuh dan cucunya berhasil menyatukan kembali tujuh novel berseri misterius itu ke dalam boxnya yang ternyata masih disimpan terawat di perpustakaan yang sama seperti dulu namun dengan desain interior yang tentu sudah lebih modern.

    Di Box tersebut terselip sebuah peta dari kertas yang telah rapuh.. ternyata, lokasi perpustakaan itu tepat berada sesuai di area rumah sang keluarga bangsawan pada zaman dahulu pada penggambaran di novel itu….

    Tujuh hari kemudiian…. petugas perpustakaan mengabarkan kepada orang ketujuh itu, bahwa bahwa boxset novel berseri tersebut merekat kuat satu sama lain tidak bisa dipiahkan antara buku 1 dan buku lainnya…. Jika dipaksa dilepas buku tersebut akan rusak….

    Akhirnya si orang ketujuh mengerti dan memahami tentang segala kejadian dan peristiwa aneh yang terjadi selamaini terkait dengan novel-novel itu…

    Novel misterius itu meminta dipersatukan…

    Sejak itu, semua kembali terasa normal…. tidak ada lagi peristiwa-peristiwa aneh yang terjadi paada tujuh keluarga tersebut…

    Jika suatu saat aku bisa menulis ini, aku ingin menulisnya sekali tamat dalam jumlah halaman yang mencapai hampir seribu dan berhardcover… semoga kesampaian dan International Best Seller…. *mimpi*
    aku juga ingin mengangkat kebudayaan Indonesia di novel horor ini ๐Ÿ™‚

    Dan aku pengen ngasih judul : “Tujuh”

    Terima kasih GAnya, yaa Mbak ^_^
    Maafkan kalau komennya kepanjangan dan bikin bingung, hihihi ๐Ÿ™‚

    sukses follow @RumahHantu13 dan juga @evasrirahayu
    — @wiiidiani

  7. Saya, sih, pengen semua dimasukkin, kak. Horor, comedy, romance, bahkan religi juga boleh dimasukkin. Hehe
    Kalo cerita horornya tentang seseorang yang punya kehidupan yang aneh gitu. Hidupnya yang aneh berawal dari dia yang pernah diculik orang misterius. Dia gak inget apa-apa pas diculik, tau-tau udah dilepas di pinggir jalan depan rumahnya. Kejadian anehnya, kalo dia tidur dia bakal kebawa ke tempat dimana banyak hal misterius terjadi disitu. Kayak gabungan kisah nyata dan fiksi, disitu ada Jack The Ripper sampai Voldemort. Walaupun terjadi pas dia tidur, bukan berarti dia bebas pas nggak tidur. Dalam keadaan terjaga pun, bahkan disiang hari, dia bakal terus dihantui makhluk-makhluk misterius di tempat misterius itu juga. Hal yang harus dia lakukan untuk terbebas, tokoh utama itu harus memecahkan semua misteri yang ada disitu. Eits, waktu dia memecahkan kasusnya juga terbatas, satu minggu. Dalam satu minggu itu juga dia harus menerima banyak teror. Satu minggu harus udah selesai. Kalau nggak? dia bakal terjebak di dunia itu. Selamanya.

    Kedengerannya aneh kayaknya ya, tapi yang saya bayangkan itu seru :3 Hehe
    Kepikiran cerita ini soalnya pernah mimpi yang hampir sama kayak cerita ini, mimpinya kayak bikin cerbung. wkwk

    @Farina_Ina26

  8. Aku bakal bikin novel tentang kehidupan di dunia lain. Jadi nanti tokoh utamanya itu gak sengaja ngebunuh org dan gak tanggung jwb lalu dia suatu hari dia arwahnya tiba2 keluar dari tubuh si tokoh utama dan si tokoh utama itu gak sadar kalo dia itu di dunianya para arwah. Lama2 dia tau acara besar para arwah dan sadar klo dia ada diantara para arwah yg mati dibunuh. Nah para arwah penasaran itu akan balas dendam ke org2 yg ngebunuh mereka ternyata kebanyakan si pembunuh itu adalah org2 terdekat dr si tokoh utama itu. Tugas si tokoh utama itu ngedamai in para arwah sama sama para pembunuh itu. Biar para arwah bisa tenang dan para pembunuh itu tetap hidup tapi hrus mempertanggung jawabkan perbuatannya dulu termasuk si tokoh utama yg prnah ngebunuh org

  9. Lagi OTW sih kak. Aku pengin buat novel horror yang intinya ‘Kutukan Ranking Pertama’. Jadi cerita tentang anak SMA. Ada satu siswi yang pasti juara kelas terus. Suatu saat ada yang envy sama yang ranking satu ini terus akhirnya dia bunuh siswi pintar itu. Sejak saat itu di sekolah itu ada kutukan buat yang ranking satu. Sehingga sekolah itu terpaksa meniadakan rangking. Karena setiap sekolah mengeluarkan ranking pasti muridnya ada yang kena musibah bahkan sampai meninggal dunia. Sejujurnya yang bunuh siswi pintar itu khilaf dan dia stress juga udah bunuh si pintar. Akhirnya dia pindah keluar kota. Beberapa tahun kemudian, sebut saja B – yang bunuh A – kembali lagi ke negara asalnya dan si B dalam posisi sudah berkeluarga. Anaknya si B disekolahkan di sekolah si B yang kena kutukan itu. Anak si B ini pintar dan dia gak bisa terima kalau sekolah nggak pakai rangking. Akhirnya ya arwahnya si A gangguin anaknya si B mau balas dendam.

    Twitter: @nisawidik
    Followed @RumahHantu13

  10. Lagi OTW sih kak. Aku pengin buat novel horror yang intinya ‘Kutukan Ranking Pertama’. Jadi cerita tentang anak SMA. Ada satu siswi yang pasti juara kelas terus. Suatu saat ada yang envy sama yang ranking satu ini terus akhirnya dia bunuh siswi pintar itu. Sejak saat itu di sekolah itu ada kutukan buat yang ranking satu. Sehingga sekolah itu terpaksa meniadakan rangking. Karena setiap sekolah mengeluarkan ranking pasti muridnya ada yang kena musibah bahkan sampai meninggal dunia. Sejujurnya yang bunuh siswi pintar itu khilaf dan dia stress juga udah bunuh si pintar. Akhirnya dia pindah keluar kota. Beberapa tahun kemudian, sebut saja B – yang bunuh A – kembali lagi ke negara asalnya dan si B dalam posisi sudah berkeluarga. Anaknya si B disekolahkan di sekolah si B yang kena kutukan itu. Anak si B ini pintar dan dia gak bisa terima kalau sekolah nggak pakai rangking. Akhirnya ya arwahnya si A gangguin anaknya si B mau balas dendam.

    Twitter: @nisawidik
    Followed @RumahHantu13

    Menurut kakak gimana idenya?

  11. Salam kenal kak, kalau saya mau nulis cerita tentang keluarga Indigo dengan para bayangan-bayangannya, Kayaknya seru karena menurut saya kalau ada sebuah keluarga mempunyai anggota keluarga dengan latar belakang indigo otomatis keluarga tersebut setiap harinya sudah biasa dengan rutinitas-rutinitas yang menurut manusia normal menyeramkan. Judulnya “Indigo of shadow” *sekian makasih..

  12. saya akan menulis cerita tentang seorang anak indigo yang memiliki kehidupan “khusu” di dunia gaib. Semua hantu mencarinya karena ia membantu hantu-hantu tersebut dapat memenuhi apa yg ingin hantu tersebut lakukan sebelum meninggal. Jadi namanya di kalangan hantu cukup terkenal. Karena hal ini ia sedikit melupakan kehidupan di dunia nyata, ia malah asik dengan kepopulerannya di dunia gaib. Hal ini membuat temannya penasaran dengan apa yg ia lakukan. Suatu saat, ada sesosok hantu yg tidak suka dengan kepopulerannya lalu ia melakukan segala cara untuk melenyapkan anak indigo ini. Salah satunya dengan menyandra teman si anak indigo. anak indigo tidak rela jika temannya di sandra, ia melakukan berbagai cara untuk menyelamatkan temannya. Dan ia bertarung dengan bermacam-macam hantu untuk menyelamatkan temannya.
    Twitter: @jm_nim
    Followed @RumahHantu13

  13. Aku mau nulis cerita horor arwah penasaran yang mendiami sebuah rumah, Seperti dendam yang harus dibalas. Si arwah penasaran merasuki tubuh penghuni rumah dan membawanya ke alam di mana arwah penasaran hidup, yaitu berkisar tahun 80-an, si arwah pengin balas dendam dengan cara membunuh segerombolah orang yang membantainya, dengan bantuan si penghuni rumah. Namun pada akhirnya, si arwah tidak ingin kembali ke ke masa penghuni rumah (tahun massa sekarang) si arwah ingin tetap hidup dan menikmati kesehariannya di tahun 80an. Si penghuni rumah memberontak karena tahun 80an bukanlah tempatnya, jika tidak cepat kembali, si pemillik rumahlah yang mati. Solusinya agar si pemilik rumah kembali adalah dengan cara membunuh si arwah.

    Twitter @MentionSari

  14. ceritanya keren. aku sukaaaa bangattttt, ini novel horor ku yang ke 5 yang paling horor , tetapi ada tulisan tulisannya yang salah. apa mungkin si penulis kurang fokus, efek tulisannya terlalu horor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s