Camelia Jonathan “CJ” Keterbatasan Menjadi Eksperimen – Kepingan 2

Saya ingin menceritakan Camelia Jonathan a.k.a CJ yang menjadi music director dan scoring untuk book trailer novel Love Puzzle di bagian kedua ini.

Penasaran dengan wajah CJ yang suaranya keren itu? Ini dia ….

CJ DESIGN (2)

CJ, memulai debutnya sebagai musisi independen lewat media Youtube pada tahun 2012. Cewek kelahiran 23 Agustus 1988 ini telah melahirkan tiga karya yang dirilis secara eksklusif di YouTube dengan channel YouTube.com/CJcamjoe yaitu “Pengabdianku (Melebihi Kisah Cintaku)”, “These Simple Notices”, dan “Bahagia Adinda”.

Lagu Pengabdianku (Melebihi Kisah Cintaku) pada tahun 2013 dijadikan soundtrack book trailer Love Puzzle. Bukan hanya itu, CJ sendiri yang menjadi music director-nya. Ini pengalaman pertamanya loh, tapi hasilnya “Wow!”

Ini cerita CJ ketika menggarapnya:

“Sangat menyenangkan, terutama karena ini bisa dibilang debut saya, ya. Ini memang pertama kalinya saya dilibatkan sebagai music director sebuah video book trailer seperti ini. Terima kasih kepada Eva untuk melibatkan saya di proyek ini. Saya kenal Eva dari saudara kembarnya, Evi, yang juga seorang penulis yang berkolaborasi dengan saya sebelum Love Puzzle. Waktu itu, Eva datang kepada saya, meminta kesediaan saya untuk membantunya menggarap video book trailer untuk buku barunya, Love Puzzle. Eva mengirimkan naskah sebagai bayangan awal saya, akan seperti apa video book trailer-nya. Begitu saya membaca sinopsis cerita Love Puzzle, saya langsung mengirim lagu Pengabdianku (Melebihi Kisah Cintaku) karena menurut saya, lagu ini cukup cocok untuk memberi sentuhan khusus di intrik dan polemik cinta yang terdapat di dalamnya. Untungnya Eva suka, lalu saya melanjutkan dan ada beberapa sound effect yang saya tambahkan untuk menghidupkan suasana dan cerita di dalam video.”

“Music directing tidak sekadar memasukkan musik ke dalam video atau film. Seorang music director juga harus tahu kapan ia perlu bermain dengan suara dan audio untuk menghidupkan suasana dalam cerita yang ada. Uniknya di video book trailer Love Puzzle, gambar dan tata layout yang bercerita, bukan visual atau dialog seperti video pada umumnya, dan menurut saya ini menarik, dan semakin menambah peran musik dan audio untuk membantu penulis untuk menyampaikan apa yang ingin dia sampaikan ke penontonnya.”

Lagu CJ yang lain, yaitu These Simple Notices lebih dulu diangkat menjadi soundtrack book trailer untuk novel CineUs karya Evi Sri Rezeki. Uniknya, lagu ini pada awalnya adalah karya dadakan yang dibuat CJ untuk tampil pada acara gathering komunitas kreatif di Indonesia tahun 2012. Pembuatannya sendiri dari mulai menulis lirik sampai selesai video klip hanya kurang lebih 30 hari. Hebatnya lagi karena CJ enggak punya band pengiring, dia akhirnya berakapela.  Keterbatasan justru menantangnya untuk bereksperimen. Inilah hasil harmoniasai dari gabungan humming, suara napas, sampai batuk dalam These Simple Notices. Keren banget!

Saya jadi penasaran dengan eksperimen CJ selanjutnya. Katanya CJ ini sedang mempersiapkan produksi video klip untuk lagu terbarunya ang berjudul “Underneath Your Skin”. Januari ini teaser videonya akan rilis di www.youtube.com/CJcamjoe yang kepengin tahu lagunya seperti apa, bisa dapat bocoran sedikit dari videonya nanti.

Lagu-lagunya CJ bisa diunduh secara gratis di www.rollingstone.co.id untuk lagu Pengabdianku (Melebihi Kisah Cintaku) bisa kamu unduh di http://is.gd/freePM Masukin lagu itu dalam playlist-mu ya ^_^

Jadi kepengin kenal CJ lebih jauh? Sapa aja CJ di jejaring sosialnya.

Youtube Channel: YouTube.com/CJcamjoe
Twitter: @CJcamjoe
Facebook Fanpage: CJ Camelia Jonathan
CJ juga terbuka untuk berkolaborasi loh. Bener-bener menginspirasi ya cewek yang satu ini.
Leave a Reply

