Cerita Di Balik Book Trailer Love Puzzle – Kepingan 1

Bikin book trailer… hmm… sebelumnya enggak kepikiran itu bakalan bener-bener jadi nyata.

Awalnya saya ngebayangin betapa ribetnya mengerjakannya sendirian. Apalagi saya enggak bisa editing, musik, dan … belum-belum kening udah berlipat-lipat. Tapi saya bertekad agar keinginan itu jadi nyata.

Sebagai langkah awal saya pun membuat konsepnya dulu. Yang terpikir adalah book trailer yang pengerjaannya simple, dalam artian saya enggak harus pergi-pergian buat ngerjainnya, tapi juga unik. Saat membaca novelnya untuk kesekian kali, muncul ide untuk membuat book trailer berbentuk komik! Impian saya sejak kecil memang jadi komikus. Bahkan karangan pertama saya waktu SD memang komik. Komik sederhana dengan tokoh-tokoh robot berbentuk kotak-kotak. Lalu saya mencari referensi book trailer di youtube, dan ternyata konsep ini belum pernah diterapkan dalam book trailer di Indonesia. Yeay, senangnya jadi yang pertama! Alasan lainnya karena dalam novel Love Puzzle ada komik yang menjadi salah satu kunci untuk menguak misteri. Saya pikir pas banget. Panel komiknya pun dibikin bentuk kepingan-kepingan agar lebih sesuai dengan judulnya.

Melihat saya kebingungan, Evi–kembaran saya–mengatakan: Jangan dikerjain sendiri, Va. Kalau dikerjain bareng pasti terwujud! So sweet banget ya dia. Dari situ saya membuka diri untuk bekerja sama.

Masalah lainnya, siapa yang gambar? Saya enggak bisa gambar, ya kalau bikin kotak-kotak enggak jelas sih bisa :p Tapi enggak ada yang gak mungkin selama kita nyari jalan, kan? Jalan keluar itu memang enggak terduga. Suatu hari (ups, kayak awalan dongeng aja) saya mendapat ajakan untuk mengerjakan naskah komik pembelajaran. Komik untuk anak SMP mata pelajaran bahasa Indonesia. Di sanalah saya berkenalan dengan Mas Sukma, salah satu ilustrator pembuatan komik di proyek itu. Dari pertama kali melihat gambarnya, saya langsung suka. Saya pun meminta Mas Sukma untuk menjadi tim pembuatan book trailer Love Puzzle. 

Naskah untuk book trailer ini saya buat sendiri. Saya memilah-milah bagian mana yang menarik, bikin penasaran, tapi enggak spoiler. Yeah, meskipun tetep aja agak bocor.

Deadline pun disepakati selama satu bulan, yaitu akhir bulan September. Tapi berhubung Mas Sukma ini orangnya sibuk (karena dia juga megang proyek pembuatan kartun) jadilah waktu pembuatannya molor dari satu bulan jadi dua bulan. Ditambah lagi saya yang cerewet banget minta revisi di sana-sini. Evi kembaran sekaligus produser pembuatan book trailer ini sampai geleng-geleng ngeliat saya. Katanya kalau dia yang jadi ilustratrornya udah stres. Hihihi. Untungnya Mas Sukma orangnya sabar menghadapi kebawelan saya.

Ini sketsa awalnya.

hal 5-2

Sketsa Halaman 6

Evi Sri Rezeki selaku produser, membantu membuat program dan mencari sponsor untuk novel Love Puzzle.  Yeah, book trailer ini memang salah satu kerja sama si kembar (sok) kompak ^_^ Evi pun berhasil menggandeng sponsor yang bukan cuman untuk bikin book trailer, tapi buat beberapa program promo. Evi berhasil menembuskannya ke Smartfren. Selain itu dapet dukungan dari Noura Books, dan seorang sahabat, Herru Damardjati. Yeay…! *cium Evi*

Dalam proyek pembuatan komik pembelajaran itu pun saya bertemu Bonni Rambatan, seorang penulis yang suka bikin komik juga. Saya mengajak Bonni berkolaborasi untuk menjadi editing. Bonni memberi ide agar book trailer ini bukan komik saja, tapi motion comic! Dari Bonnie juga saya mengenal CJ alias Camelia Jonathan, seorang musisi keren. Asli deh,  kalau dengerin lagu-lagunya langsung jatuh cinta! Saat CJ mengizinkan lagunya yang berjudul “Pengabdianku (Melebihi Kisah Cintaku)” menjadi soundtrack book trailer Love Puzzle rasanya seneng banget. Lagunya pas dan jleb! Apalagi CJ mau jadi music director-nya juga. Lengkaplah semua elemen book trailer-nya. Yeay…!

Setelah semua gambar komik selesai dibuat Mas Sukma Ramadhan, Bonni langsung mengeditnya, baru deh dikasih musik oleh CJ. Dan inilah hasil kolaborasi semuanya:

Love Puzzle Book Trailer terlahir atas kerja sama dengan SmartFren, Camelia Jonathan, dan Noura Books.

Producer: Evi Sri Rezeki
Music Director  & Scoring: Camelia Jonathan http://www.youtube.com/cjcamjoe
Suka dengan musiknya? Silakan kunjungi http://bit.ly/pengabdianku

Director & Screenplay: Eva Sri Rahayu

Illustrator: Sukma Ramadhan

Editor & Animator: Bonni Rambatan.

Terima kasih untuk semua pihak yang membantu terwujudnya book trailer ini. Terima kasih sudah menjadi bagian dari salah satu impian saya. Terima kasih banyak juga buat kamu yang menonton book trailer-nya. ^_^
4 thoughts on “Cerita Di Balik Book Trailer Love Puzzle – Kepingan 1

  1. Saya selalu suka kamu
    Selalu suka tulisan kamu
    Bagaimana kamu menyampaikan ide kamu

    Tulisan ini seperti pernah bercerita secara lisan didalam kedai kopi ..dihadapan wanita yang memang menakjubkan… yang membuat mimpi menjadi kenyataan. Salut!

    Teruntuk Evi yang selalu menemani…kuucapkan Salut kepadamu …

Leave a Reply

