Bacaan Ringan Saat Senggang

Seringkali saya membaca sebuah komentar yang mengatakan buku A, B, dan lainnya adalah “bacaan ringan saat senggang”. Saya pun rasanya pernah berkomentar seperti itu. Kadang saya bertanya, apakah maksud pernyataan itu? Apa artinya buku-buku tersebut buku yang saking ringannya sehingga tidak butuh “meluangkan waktu” khusus untuk membacanya? Sehingga ya kalau ada waktu senggang, bolehlah dibaca. Atau ada maksud lain dari pernyataan itu? Kok ya ada kesan buku tersebut kualitasnya biasa saja.

Beberapa malam yang lalu saya tidak bisa tidur. Twitteran atau Facebook-an sedang bosan, nonton juga sedang tidak mood. Maka saya pun mencari-cari buku di rak perpustakaan mini saya, sepertinya membaca sebelum tidur adalah pilihan tepat. Saya mencari buku yang habis sekali baca, tidak membuat kepala puyeng dengan bahasanya, tetap memberi gizi untuk otak, menghibur, dan ringan. Terpilihlah sebuah buku yang memang akhirnya selesai saya baca malam itu juga. Padahal mood membaca saya sempat tiarap parah. Banyak buku-buku yang menurut umum bagus malah saya geletakkan.

Buku itu memang ringan tapi cukup memberi nutrisi untuk saya. Saya berpikir, ternyata buku yang tergolong kategori “bacaan ringan saat senggang” itu diperlukan. Karena ada kalanya otak terlalu lelah berpikir hal berat-berat. Jadi kalimat “bacaan ringan saat senggang” itu bukan penilaian negatif, tapi mungkin pernyataan rekomendasi untuk pembaca yang memang butuh “bacaan ringan”. Pesan-pesan berat dengan topik yang juga berat bisa jadi tidak tersampaikan. Tetapi pesan-pesan ringan malah bisa jadi berkesan.

Memang berat dan ringan tidak juga bisa ditimbang dari harfiah tebal dan tipisnya buku. Bisa jadi buku yang tipis memiliki nilai pesan yang tinggi. Mungkin juga ini masalah selera dan kebiasaan pembacanya. Tipe bacaan seperti apa yang sering dibaca. Dan selera berbedalah yang membuat banyak variasi karya, membuat banyak tipe karya memiliki peminatnya sendiri.

Di luar bahwa bacaan akan membentuk opini dan penulisan seseorang. Asumsi bahwa pembaca yang terbiasa membaca hal yang berat-berat akan memiliki wacana dan pengetahuan yang luas. Tapi bacaan yang ringan ketika pesannya tersampaikan, ketika bacaan tersebut memberi hiburan dan pemikiran positif pada pembacanya, menurut saya itu hal yang paling utama. Jadi membaca buku yang masuk kategori “bacaan ringan saat senggang” bukan hal sepele.

3 thoughts on “Bacaan Ringan Saat Senggang

Leave a Reply

