Racauan – Resolusi Basi

Resolusi Basi

 

Di mana-mana orang-orang bertanya: Apa resolusimu tahun 2013?

Setiap kali mendengar atau membaca itu saya selalu kebingungan menjawabnya. Bukan, bukan tidak punya pencapaian dan mimpi di tahun 2013. Tapi pertanyaan itu membuat saya enggan menjawabnya.

Namun di suatu ketika di masa lalu, saya sangat tergila-gila menuliskan resolusi. Bersama dengan ketiga sahabat saya. Kami berempat selalu bertukar resolusi, bahkan resolusi itu kami tuliskan dan tempel di dinding kamar. Anehnya, dengan segudang resolusi itu, obrolan tetap kami saat berkumpul adalah berkutat dengan pertanyaan: mau jadi apa kita nanti?

Lalu setiap akhir tahun, kami akan mengevaluasi poin-poin resolusi yang tercapai dan tidak. Kenapa itu bisa terjadi. Ya, layaknya semua orang.

Sampai dua tahun ini, saat kami sudah tercerai berai (ungkapan jadul banget). Sibuk dengan kegiatan masing-masing yang lebih terarah pada impian. Kami berinteraksi lewat inbox, saling menanyakan resolusi. Dan ternyata kami dengan kompak menjawab: gak ada!

Dengan heran saya bertanya, kenapa mereka tidak membuat resolusi? Salah satunya menjawab, belum terpikir. Satu lagi menjawab, memang gak punya. Sedang satu orang lagi, katanya bingung. Saya juga memang gak ada.

Anehnya, saat resolusi itu tidak lagi kami tulis dengan detail, justru kami sudah tidak lagi bertanya: mau jadi apa nanti?

Apa mereka sukses di tahun ini? Dalam ukuran saya iya. Apa yang mereka impikan bertahun-tahun lalu tercapai di tahun ini. Tahun tanpa resolusi.

Atau mungkin impian itu tercapai karena dulu pernah menuliskan resolusi? Apa untuk tahun depan saya lebih baik membuatnya lagi? Atau cukup berpikir kalau resolusi sudah basi!

Leave a Reply

