Lahang dan masa kecil

Malam ini ingin bercerita tentang lahang, tebu dan masa kecil.

Seperti biasa, hampir setiap hari mingguLahang, saya dan Rasi main ke lapangan tegalega. Sekedar jalan-jalan buat olahraga yang ujung-ujungnya selalu diakhiri beli sesuatu yang Rasi suka. Semisal balon dan mainan.

Siang tadi, setelah kelelahan puter-puter lapangan, saya untuk pertama kalinya melihat tukang “lahang”. FYI, menurut Wikipedia adalah minuman khas Indonesia yang terbuat dari nira, lahang diperoleh dari sadapan pohon aren, yang disadap adalah bunga jantannya. Tapi lahang ini lahang sari tebu. Di Bandung sudah banyak sih, di daerah BIP juga ada. Tapi tukang lahang ini menjual berkeliling dengan membawa lahang di dalam bambu besar. Tradisional sekali.

Saya pun tertarik membelinya, harganya lumayan juga. Untuk satu cup gelas akua, empat ribu rupiah. Rasa lahangnya, seingat saya memang murni. Manisnya enggak manis banget. Rasi juga ternyata suka. Saya memang ingin mengenalkannya pada hal-hal tradisional. Dan sesuatu yang murni itu memang lebih mahal harganya ๐Ÿ˜€

Lahang ini mengingatkan saya pada masa kecil. Waktu rumah saya masih di Banjaran, depan rumah itu kebun cukup luas, ditanami berbagai macam pohon. Ada pohon tebu yang ditanam nenek saya. Kalau sudah besar, saya sering menikmati air tebu itu dengan langsung menggigitnya. Lama-lama pohon tebu itu habis juga, terutama oleh saya yang rakus. Sekarang pengen nanam tebu di depan rumah belum tentu tanahnya cocok, saya juga gak pandai merawat tanaman sih. Rindu sekali pada masa-masa kecil itu. Makanan, minuman, aroma, dan masih banyak lagi yang hilang dari masa kecil.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s