Sharing Tentang Kerangka Karangan

tentang karya

 

Beberapa waktu lalu saya diminta sharing tentang membuat kerangka karangan.

Sebenarnya saya belum khatam, tapi saya coba sebisa, setahu, dan sharing kebiasaan saya membuat kerangka novel.

Seperti yang saya duga, justru merekalah yang lebih banyak memberi saya pengetahuan. Semangat belajar dan kesungguhan itu menular. Pertanyaan bahkan masukkan saya dapat dari mereka. Senang sekali bisa sharing.

Berikut sedikit catatan materi yang saya sharing.

Apa sih kerangka karangan itu? Ini sepemahaman saya ya. Kerangka karangan adalah poin-poin penting cerita, alur cerita, dan pembahasan yang ingin dimajukan dalam sebuah novel.

 

Apa tujuan membuat kerangka? Utamanya agar hal yang ingin dibahas dalam novel tidak melenceng, fokus, mempermudah kita mengembangkan bab per bab, dan salah satu jurus menangkal writer block.

 

Lalu apa itu writer block? Itu adalah saat dimana seorang penulis mengalami hambatan bahkan merasa stuck saat menulis hingga berhenti menulis.

 

Hal yang menakutkan dari menulis menurut saya adalah tidak menyelesaikan tulisan. Memulai adalah langkah awal yang penting, tak ada awal tak akan ada karya. Sedang menyelesaikan adalah karya itu sendiri. Tak selesai tak disebut berkarya. Karena itu membuat kerangka membantu penulis untuk menyelesaikan.

 

Tidak semua penulis membuat kerangka karangan dulu sebelum membuat novel, karena memang setiap penulis punya formula sendiri untuk menghasilkan karyanya. Sebagian menganggap membuat kerangka hanya membatasi imajinasi. Sebagian lagi menganggapnya justru mempermudah mengembangkan imajinasi.

 

Formula membuat kerangka karangan pun berbeda-beda, kalau tahapan dalam versi saya begini:

  1. Tentukan tema. Tema apa yang ingin diusung.
  2. Kumpulkan bahan atau observasi untuk mendukung cerita.
  3. Buatย  tokoh novelmu. Untuk awal, buat tokoh utamanya. Detilkan secara fisik dan sifat, itu akan menentukan bagaimana si tokoh menghadapi, menyelesaikan masalah, dan pembangunan karakternya.
  4. Mendetailkan setting (Awalnya tidak ada poin ini, salah satu peserta memberi masukkan)
  5. Membuat peta konflik
  6. Buat sinopsis cerita. Saat membuat sinopsis kita akan mendapat alur dan setting. Apakah alurnya maju mundur atau maju. Kita juga akan mendapat setting tempat dan waktu. Apakah di Indonesia atau luar negeri.
  7. Membuat kerangka karangan berdasarkan sinopsis.

 

Tampak kompleks dan rumit ya? Ketika sudah menjalani tidak serumit itu kok. Mari kita mulai.

Sebelum merunut pada tahapan satu sampai enam, mari kita berkhayal. Bayangkan kita memiliki sebuah novel yang dipajang di rak-rak toko buku. Novel itu disukai pembaca, memberi manfaat untuk mereka, dan kita merasa bahagia ketika menulis dan menyelesaikannya. Bayangkan kita memegang novel tersebut, membuka halaman demi halaman, lalu tersenyum. Ketika kehilangan motivasi menulis, selalu bayangkan hal itu. Bahwa kita bisa memberi kontribusi pada diri sendiri dan lingkungan.

Oke, maju ke tahap pertama.

 

  1. Menentukan tema.

Pilih tema yang kita sukai, kita mengerti, atau yang ingin kita sampaikan. Misalnya:

  1. Tema yang disukai: cinta
  2. Tema yang kita mengerti: persahabatan
  3. Tema yang ingin kita sampaikan adalah tema yang mungkin tidak kita sukai, tidak juga kita mengerti tapi ingin kita sampaikan pada pembaca. Misalnya tema kekerasan di jalan.

Sekarang, pilih tema yang kalian mau jadikan sebuah novel. Kita general kan, tema kita cinta. Mari kita masuk ke tahap dua.

 

  1. Kumpulkan bahan atau observasi untuk mendukung cerita.

Mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi untuk cerita kita. Misalnya karena ingin menceritakan tentang selebriti. Cari semua data tentang pekerjaan, kehidupan, dan semua-semuanya. Mengumpulkan bahan bisa dari pengalaman empiris dan rasa diri sendiri, membaca, menonton, searching, terjun langsung ke lapangan, dan banyak lagi.

 

  1. Membuat tokoh.

Kita buat dua tokoh utama. Bisa pria dan wanita, wanita dan wanita, atau pria dan pria jika mau mengangkat cinta lesbian atau gay.

Detilkan dengan menjawab pertanyaan ini: Siapa namanya? Bagaimana fisiknya? Tempat tanggal lahir? Sifat baik dan buruknya? Warna kesukaan? Makanan kesukaan? Kebiasaan dan hobinya? Latar belakang pendidikan? Latar belakang lingkungan? Bisa menambahkan apa-apa yang sekiranya dibutuhkan, semakin detail semakin baik karena karakter ini akan menjadi rujukan kita dalam pengembangan karakter, cara tokoh menghadapi konflik, dan bagaimana dia menyelesaikan konflik.

Setelah kita mendapat tokohnya, mari kita bayangkan ceritanya, bagaimana takdir mereka di tangan kita.

 

  1. Membuat peta konflik

Buat konflik utama, lalu buat sub-sub konflik yang mendukung konflik utama. Dalam membuat peta konflik harus memerhatikan flow konflik. Beri jeda napas, buat flow naik turun. Beri klimaks konflik yang tidak jauh dari ending.

  1. Membuat sinopsis.

Harus digaris bawahi, sinopsis bukan blurb yang ada di back cover sebuah novel. Kita harus membuat rangkaian cerita lengkap tanpa menyisakan tanda tanya. Ceritakan kehidupan mereka, konflik yang akan mereka hadapi dan bagaimana menyelesaikan konflik itu. Blurb tidak menjelaskan bagaimana cerita keseluruhan, sedang sinopsis menceritakan keseluruhan.

Dari sinopsis tersebut, kita akan mendapat beberapa tokoh baru. Catat tokoh baru itu lalu buat spesifikasi sesuai dengan petunjuk tahapan dua.

Hari ini sharing sampai di situ. Sharing diisi juga dengan simulasi. Semua langsung membuat tahap per tahap. Takjub melihat mereka membuat karakter tokoh dengan detail dengan keunikannya dalam waktu singkat. Menyenangkan sekali ikut acara sharing seperti itu.

Advertisements

9 thoughts on “Sharing Tentang Kerangka Karangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s